Home » » Penyebab Kegagalan pada Interview Kerja

Penyebab Kegagalan pada Interview Kerja

Terakhir saya interview dengan HRD di PT XYZ, tapi sampai sekarang saya belum dapat kabar kelanjutannya. 

Itu adalah beberapa hal yang sering dikeluhkan para pencari kerja ketika mereka tidak kunjung mendapatkan panggilan kerja meski telah melalui tahap interview dengan HRD. Banyak dari mereka yang tidak tahu penyebab mengapa mereka tidak kunjung mendapat panggilan untuk tahapan selanjutnya.

Kepribadian setiap orang memang berbeda beda dan masing masing memiliki kekurangan serta kelebihannya. Namun seringkali interview Anda tidak berlanjut ke tahap selanjutnya karena Anda melakukan kesalahan berikut ;


Tidak percaya diri

Meskipun Anda adalah seorang introvert yang dikenal dengan sifat tertutupnya, kepercayaan diri adalah hal pertama yang harus Anda miliki dalam dunia kerja. Ketika Anda menghadapi interview dengan rasa tidak percaya terhadap diri Anda sendiri, maka hal ini akan terpancar dari bahasa tubuh Anda sehingga recruiter akan dengan mudah menangkap sinyal ini. Jika Anda tidak percaya pada diri Anda, bagaimana recruiter akan percaya dengan Anda ?

Menceritakan hal buruk tentang perusahaan sebelumnya 

Mereka yang resign adalah pasukan sakit hati, itu adalah ungkapan yang pernah saya dengar dari rekan kerja saya. Ya sederhananya, kita tidak akan resign kalau tidak ada sesuatu yang membuat kita tidak nyaman. Namun jangan sesekali berbicara seolah olah menjelek jelekkan perusahaan Anda sebelumnya. Meskipun itu benar adanya, hal ini akan membuat recruiter menilai Anda sebagai seseorang yang menilai sesuatu dengan negativ. 

Berbohong atau mencoba menutupi sesuatu

Hidung Anda memang tidak akan berubah menjadi pinokio saat berbohong, namun jangan sesekali melakukan ini saat interview. Recruiter tidak hanya mendengar apa yang Anda katakan namun juga memperhatikan bahasa tubuh Anda. Dan ketika Anda berbohong atau menutupi sesuatu, recruiter akan menyadarinya karena tubuh Anda telah mengatakannya tanpa Anda sadari.

Bicara bertele tele

Hal ini akan membuat recruiter bingung dan merasa jenuh. Jika Anda tidak mampu membuat recruiter mengerti dengan apa yang Anda sampaikan, bagaimana mereka bisa yakin bahwa Anda dapat berkomunikasi dengan baik kepada orang lain ?

Tidak memahami diri sendiri

Apa ya kelebihan dan kekurangan saya ? Kurang tau deh, kan yang bisa nilai orang lain. Jawaban ini adalah jawaban yang menggambarkan bahwa Anda sendiri tidak mengenali diri Anda dengan baik. Hal ini akan membuat recruiter berpikir, diri sendiri saja tidak dimengerti bagaimana orang lain ?

Tidak berusaha "menjual diri" 

Interview adalah proses saling mengenal antara pelamar dan perusahaan, secara normalnya, setiap pihak akan menunjukkan sisi positif mereka agar dipilih. Namun jika Anda tidak berusaha menjual diri Anda dengan menunjukkan sisi positif dari Anda, Anda hanya akan terlihat biasa biasa saja.

Itu adalah beberapa kesalahan yang dilakukan pelamar pada saat tahap interview. Dikarenakan interview adalah proses awal dalam proses rekrutmen, maka kesan baik perlu ditunjukkan dalam fase ini. Jangan sampai membuat diri Anda terkesan buruk atau tidak berkesan sama sekali. Percayalah, bahwa setiap dari Anda memiliki hal yang layak untuk dibanggakan. Semangat ! 

3 komentar:

  1. Selain faktor-faktor di atas, saya kira satu lagi adalah faktor keberuntungan. :)

    ReplyDelete
  2. Semua kuncinya ada pada kita ya. Nice share kak :)

    ReplyDelete
  3. Dengan memahami penyebab kegagalan pada interview, kita mampu mengantisipasi kegagalan interview berikutnya. Thanks infonya :)

    ReplyDelete