Home » » Membuat Alat Tes Online dengan Google Form

Membuat Alat Tes Online dengan Google Form


Bagi pemilik akun Gmail, apa yang sering Anda lakukan dalam akun tersebut selain mengirim email ? Salah satu hal lain yang cukup menarik dari akun Gmail adalah tersedianya fitur Google Drive dengan Google Doc, Google Spreadsheet, Google Slide dan Google Form di dalamnya. Cara kerja Google Doc, Google Spreadsheet dan Google Slide hampir sama dengan cara kerja Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Power Point namun Google Drive memungkinkan seorang user berbagi sebuah file kepada orang lain untuk diedit bersama atau read only.

Salah satu fitur menarik dalam Google Drive adalah Google Form yang sudah dikenal sebagai salah satu aplikasi untuk membuat form secara online. Form dapat diakses oleh siapapun melalui sebuah link dan hasil isian form tersebut dapat diakses pemilik berupa grafik maupun berupa Google Spreadsheet. Karena cara pembuatan dan pengisiannya yang cukup praktis, Google Form sering digunakan sebagai kuesioner ataupun formulir lainnya.



Tidak hanya itu, Google Form juga bisa dimanfaatkan untuk membantu proses rekrutmen sebagai suatu alat rekrutmen secara online. Tidak dapat dipungkiri, beberapa hal dalam kehidupan kita telah dialihkan secara online seperti transfer dana, kegiatan belajar mengajar hingga pelaporan pajak. Bukan tidak mungkin hal ini akan terjadi dalam dunia rekrutmen, tes secara online dapat menjadi suatu alternatif untuk efisiensi biaya dan waktu sehingga para recruiter dapat lebih fokus pada kandidat yang telah memenuhi kualifikasi berdasarkan hasil tes.

Langkah - Langkah

Dengan bantuan dari add-ons, Google Form dapat difungsikan sebagai alat tes sederhana dan gratis dengan langkah langkah berikut ini ;

1. Buat Isian Form


Buatlah form sesuai informasi yang Anda butuhkan. 

2. Tambahkan Add-Ons


Klik tanda 3 titik yang ada di sudut kanan atas


Pilih add-ons


Pilih Timify.me


Klik Free


Selanjutnya Anda diminta untuk memilih akun gmail Anda, di tampilan selanjutnya klik Allow.


Klik Got It !


Tampilan ketika Add-ons berhasil ditambahkan.

Buat Akun Timify

Salah satu hal yang menjadi permasalahan dalam tes online adalah waktu, Add-on Timify memiliki kelebihan dimana kita dapat memberikan durasi dalam sebuah tes. Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat akun Timify. 


Klik icon Add-ons yang berbentuk kepingan puzzle maka akan muncul tampilan berikut. Klik Configure.


Klik Timify.Me


Silahkan buat akun atau Anda dapat memilih untuk login menggunakan akun google. 


Tampilan awal Timify


Copy secure token di dashboard


Paste di halaman Google Form Anda




Tampilan akhir ketika Google Form dan Timify telah terhubung


Kirimkan Form

Untuk mengirimkan form, Anda perlu mendapatkan link yang disediakan oleh Timify dengan cara berikut ; 


Klik Create Link


Masukan alamat email responden dan durasi waktu


Copy links dan berikan kepada responden. 1 link hanya berlaku untuk satu kali akses.


Tampilan form ketika diakses responden

Kelemahan

Meskipun memiliki keunggulan dalam efisiensi waktu dan tenaga, cara ini memiliki kelemahan dimana kita diharuskan untuk menginput alamat email untuk mendapatkan satu link dan link hanya digunakan satu kali pakai. Sekali responden telah menekan tombol "Open the form" maka responden tidak dapat mengakses link tersebut untuk kedua kalinya (hal ini juga menghindari pelamar mengerjakan tes berkali kali). 

Tentunya, setiap alternatif ini memiliki kelemahannya tersendiri namun semua kembali pada diri kita masing masing ; resiko apa yang akan kita ambil. 

Demikian adalah sharing saya kali ini yang mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam melakukan proses rekrutmen dengan lebih efektif. 




0 komentar:

Post a Comment