Home » » Sudahkah Anda Menjadi Teman yang Baik ?

Sudahkah Anda Menjadi Teman yang Baik ?

Hidup adalah untuk menjalin relasi, pernahkah Anda memikirkan hal yang sama dengan ungkapan saya ? Hubungan yang dijalin pun tidak hanya sekedar kenal saja, melainkan hubungan lebih mendalam hingga terbitlah perasaan saling membutuhkan.

Upayakan setiap kali kita tinggal di lingkungan baru, kita dapat menemukan orang lain sebagai teman dekat kita. Teman yang dapat kita hubungi untuk berbagi cerita, teman yang dapat kita minta bantuan, teman yang dapat diajak berbagi suka dan duka.



Memang tidak mudah mendapatkan teman yang baik. Namun semua itu kembali pada diri Anda, apakah diri Anda telah menjadikan diri Anda sebagai seorang teman yang baik untuk kemudian mendapatkan teman yang baik ? Apakah Anda telah berusaha menghargai perasaan orang lain ? Apakah Anda telah membuka diri untuk menerima kekurangan orang lain ?

Tidak dapat dipungkiri, dalam bekerja pun kita akan fokus dengan pekerjaan utama kita hingga tanpa disadari kita membuat orang lain merasa kesal dengan sikap kita. Seringkali kita terlalu fokus dengan pekerjaan hingga lupa untuk bersosialisasi dengan orang lain. Dan juga seringkali kita terlalu idealis hingga orang lain enggan berteman dengan kita. Dan hingga yang kita hasilkan apa ? Karir meningkat namun tidak memiliki teman untuk sekedar tertawa bersama.

Jika Anda hanya fokus dengan diri Anda, dan mengabaikan kebutuhan Anda sebagai makhluk sosial, maka lama kelamaan Anda akan merasakan kesepian meski berada di keramaian sekalipun. Apakah Anda harus menunggu orang lain menyapa Anda dan mengajak Anda berbicara ? Apakah Anda harus menunggu orang lain mendekati Anda ?

Jika Anda selalu sendiri, menutup diri dengan orang lain, siapa yang akan dengan senang hati datang ke pernikahan Anda ? Siapa yang akan dengan tulus mengingat hari ulang tahun Anda ? Siapa yang dengan rindu mengajak Anda untuk berjumpa ? Dan siapa yang akan dengan kepedihan datang ke pemakaman Anda ?

Hari ini saya pergi bersama teman saya semasa SMU, meluangkan waktu bersama untuk sekadar karaoke hingga tenggorokan terasa kering, dan kemudian saya menyadari sesuatu hal. Saya bisa jadi bukan karyawan terbaik di perusahaan saya dan mungkin bukanlah orang yang dianggap berharga di tempat saya bekerja tapi saya tahu, saya berharga di mata mereka.

Mengutip lirik dari sebuah lagu, teman yang baik akan menjadi sebuah kenangan indah yang akan kita ingat di masa ketika kita telah beranjak tua.

Maka, sudahkah Anda layak untuk mendapatkan seorang teman yang baik ?


0 komentar:

Post a Comment