Home » » "Kapan Saya Naik Gaji ?" Pertanyaan yang Dapat Anda Jawab Sendiri

"Kapan Saya Naik Gaji ?" Pertanyaan yang Dapat Anda Jawab Sendiri

Kapan naik gaji ?

Bagi HRD, itu adalah pertanyaan yang paling sering kami dengar. Gaji saya kurang, gaji saya ga naik naik, saya mau cari gaji lebih besar, itu adalah beberapa hal yang sering dipikirkan karyawan.

Gaji. Uang, uang, dan uang. Bicara tentang uang memang cukup sensitif. Mereka bilang, bagaimana bisa bahagia kalau tidak punya uang ? Ya, ada benarnya meski nyatanya berapapun uang yang kita terima tak pernah cukup. Lalu bagaimana ?

Minggu lalu saya mendapatkan video yang sangat berkesan dari atasan saya. Video berdurasi sekitar 40 menit ini disampaikan oleh Tung Desem Waringin dengan sangat apik, bahasa yang ringan namun cukup menampar. Ia menampilkan, bagaimana caranya agar bisa naik gaji tidak hanya sekali dalam satu tahun namun 3 kali.



Berikut adalah beberapa kiat yang disampaikan oleh Tung Desem Waringin ;


  • Dapat dipercaya
  • Memiliki nilai tambah
  • Berperilaku menyenangkan
  • Dikenal oleh orang yang tepat
Postingan saya kali ini, tidak akan membahas mengenai 4 kiat di atas karena Tung Desem Waringin telah menyampaikannya dengan sangat mengena. Namun, dapat dilihat bahwa 4 kiat di atas berasal dari diri kita, bukan di luar diri kita. Kiat tersebut berasal dari bagaimana kita menciptakan diri kita, bukan berasal dari pengaruh inflasi maupun keuntungan perusahaan. 

Seringkali kita terjebak dengan istilah "naik gaji" dan "penyesuaian gaji". Selama bertahun tahun bekerja besaran gaji kita yang bertambah ternyata merupakan penyesuaian gaji kita dengan inflasi. Besaran gaji kita terlihat bertambah, padahal ternyata kita masih di tempat yang sama dan tidak benar benar "naik gaji" dengan pergi ke tempat yang lebih tinggi.

Namun juga ada yang menyadari bahwa besaran gaji yang semakin bertambah hanyalah penyesuaian dengan inflasi dan mereka kembali mengeluh, "gaji saya tidak naik naik. ini sih cuma penyesuaian ma UMR". Masih ada yang menyalahkan mengapa perusahaan tidak bisa memberikan kenaikan gaji yang bisa membuat mereka cukup puas. 

Dalam kondisi dimana gaji tak kunjung naik, pernahkah Anda berpikir apa yang telah diri Anda miliki hingga Anda layak "dibayar" lebih mahal ?

Dalam kondisi dimana gaji bertambah akibat penyesuaian, pernahkah Anda berpikir mengapa perusahaan harus memberikan gaji lebih tinggi kepada Anda ?

Atau jangan jangan atasan Anda tidak mengenal Anda dengan baik. Karena Anda adalah karyawan rata - rata. Tidak di atas, tidak di bawah, dan itulah mengapa cenderung tidak diingat. 

Pernahkah Anda berpikir, apa yang harus Anda lakukan agar Anda "dibayar" lebih mahal ?

Pernahkah Anda berpikir, berapa banyak potensi diri Anda yang belum digali ?

Pernahkah Anda berpikir, apa yang harus Anda lakukan agar menjadi lebih unggul dibanding rekan Anda lainnya ?

Pertanyaan "Kapan saya naik gaji" ini sebenarnya dapat dengan mudah Anda jawab jika Anda melihat diri Anda sebelum melihat faktor lain di luar diri Anda yang tak pernah bisa diprediksi. Kenaikan gaji memang membutuhkan banyak pertimbangan, namun bukankah dibanding sibuk bertanya "kapan naik gaji ?" akan lebih produktif jika anda bertanya "apa yang harus saya tingkatkan?". Dibanding menunggu kapan naik gaji, bukankah lebih fokus untuk memperbaiki diri kita dan menjadikan diri kita layak untuk dihargai lebih. 

Naik gaji memang indah seolah olah Anda memiliki kekuasaan lebih untuk membeli apa yang Anda inginkan. Sayangnya indahnya naik gaji hanya terasa di bulan pertama dan di bulan selanjutnya kita kembali ingin naik gaji. Dibanding keindahan sementara dari naik gaji, bukankah naik skill jauh lebih menggiurkan. Ketika skill Anda bertambah, manfaatnya tidak hanya terasa di bulan selanjutnya dan justru mempengaruhi hidup Anda kedepannya. 

"Kapan saya naik gaji" hanyalah pertanyaan milik mereka yang hanya ingin menunggu bola di gawang tanpa berniat menggiringnya. Sebagai karyawan, gaji adalah result. Dan prosesnya terdapat ketika Anda melakukan pekerjaan Anda dengan baik, meningkatkan kemampuan Anda serta kemampuan interpersonal Anda. Tentu Anda ingat dengan istilah proses menentukan hasil. Dan berapa hasil yang Anda inginkan tergantung pada proses yang Anda lakukan, proses rata rata atau proses di atas rata rata ?

Selamat merenung !


1 komentar:

  1. gaji...komponen penting banget tuhh...idealnya sii gaji sebanding dengan kinerja kita...btw,kiat2 tadi berlaku untuk asn dak ya??secaranya asn naik gaji nya barengan...tergantung pada presiden, menteri2 terkait dan situasi politik yang sedang berlangsung...terkadang asn itu, gaji pukul rata, tdk melihat kinerja lagi...

    ReplyDelete