Home » , » 5 Cara Menjadi Karyawan Terkenal

5 Cara Menjadi Karyawan Terkenal


Saya yakin, Anda tidak asing dengan sosok Mila Kunis yang menarik ataupun sosok Joe Taslim yang memukau. Saya rasa, hampir semua orang mengenal artis papan atas seperti mereka melalui layar kaca kita. Bagi beberapa orang, menjadi terkenal itu mengasyikkan dimana semua yang mereka lakukan menjadi sorotan publik. Bagi beberapa orang lainnya, menjadi terkenal itu memuaskan karena hasil kerja keras mereka dihargai. 

Menjadi terkenal adalah hal yang diinginkan bagi banyak orang. Alasannya masuk akal, karena penghasilan yang didapat cukup menggiurkan atau karena menjadi terkenal memberikan kepuasan batin. Apapun alasannya, menjadi terkenal bukanlah hal yang mustahil meski kita tidak memiliki paras rupawan bak Dian Sastro dan juga tidak memiliki suara emas layaknya Celine Dion.



Sebagai seorang karyawan dan juga seorang profesional, menjadi terkenal bukan berarti kita harus dikenal melalui layar kaca. Karena kita adalah seorang karyawan maka kita mampu menjadi sosok yang dikenal oleh orang lain yang memiliki latar belakang sama dengan kita.

Jika Anda adalah seorang Staff Accounting maka Anda dapat menjadi sosok yang memahami seluk beluk penjurnalan beserta standarnya sehingga ketika ada sebuah perusahaan yang membutuhkan Staff Accounting, maka perusahaan tersebut tidak memiliki alasan untuk menolak Anda.

Contoh lain, jika Anda adalah seorang trainer maka Anda dapat menjadi sosok yang mampu membawa suasana peserta dan membawakan materi yang memotivasi, bukan tidak mungkin seseorang akan mereferensikan Anda untuk mengisi acara training lain yang sebelumnya tidak pernah Anda bayangkan.

Meski tidak melalui media yang sama, menjadi artis yang dikenal dan menjadi karyawan yang dikenal memiliki banyak kesamaan ;

Kompeten


Sammy Simorangkir dikenal karena suaranya yang khas dan Reza Rahardian dikenal karena penjiwaannya terhadap peran yang dimainkan. Bayangkan jika mereka tidak pandai melakukan pekerjaannya, apakah kita masih menjumpai mereka di layar kaca ?

Begitu pula kita, untuk menjadi terkenal kita harus mampu menjalankan tugas kita dengan baik. Jika Anda adalah seorang General Affair maka laksanakan tugas Anda sebaik mungkin dengan menjadi cepat tanggap terhadap kebutuhan perusahaan. Jika Anda adalah seorang IT Staff maka jadilah sosok yang handal dengan mampu menyelesaikan setiap permasalahan IT di perusahaan. Menjadi kompeten adalah sebuah alasan mengapa orang lain perlu mengenal kita.

Memiliki Ciri Khas


Saya yakin Anda ingat dengan acara Indonesian Idol, sebuah acara pencarian bakat untuk menemukan sosok bersuara emas yang layak diidolakan masyarakat di Indonesia. Acara tersebut memberi kita kesempatan untuk menyaksikan proses audisi yang mereka lakukan di banyak kota. Tidak sedikit peserta audisi yang ditolak, dan tidak sedikit dari peserta yang menerima penolakan memiliki suara yang bagus dan enak didengar. Nyatanya, para dewan juri membutuhkan suara yang khas bukan hanya suara yang bagus.

Begitu pula kita. Jika Anda adalah seorang Staff Administrasi, maka Anda dan Staff Administrasi lainnya memiliki keahlian yang sama yaitu mampu mengoperasikan Microsoft Office dan lihai dalam melakukan kegiatan administratif. Namun, tidak semua Staff Administrasi mampu menganalisa sebuah data dan tidak semua Staff Administrasi mampu mempresentasikan sebuah materi. Hal yang tidak dimiliki banyak orang namun berhasil kita miliki mampu mendongkrak citra kita untuk lebih dikenal.

Berkomitmen


Beberapa hari lalu, saya bertukar cerita dengan teman saya. Saat itu ia dianjurkan oleh atasannya untuk melamar sebagai Accounting & Tax Supervisor di sebuah perusahaan, ia diminta untuk mengirimkan lamaran langsung ke email Finance Director perusahaan tersebut. Teman saya yang penasaran pun mencari tahu sosok Finance Director tersebut melalui Linkedin. Ia dibuat terpukau oleh sepak terjang direktur tersebut yang telah malang melintang di berbagai perusahaan dengan prestasi yang ia miliki, bahkan kemampuannya diakui oleh banyak orang yang memiliki jabatan yang cukup berpengaruh.

Satu hal yang saya dapatkan dari cerita teman saya, bahwa sosok direktur itu tidak hanya memiliki kompetensi dan pengalaman. Komitmen, satu hal yang membuat sosok direktur itu tetap menjalani pekerjaannya dalam ruang linkup Finance hingga ia mampu menduduki posisinya saat ini. Posisi yang ia miliki, tentu tidak hanya diraih dalam 1 tahun. Mungkin ia butuh berpuluh puluh tahun hingga ia mampu menjadi Finance Director. Bukan waktu yang sebentar dan juga bukan masa yang datar datar saja, ia mampu menjadi dirinya yang sekarang karena tetap berpegang teguh pada komitmennya untuk menjadi seorang profesional di bidangnya meski ia tahu jalan yang dihadapi tidaklah mudah.

Profil direktur itu juga mengingatkan saya pada salah satu band ternama di Indonesia yaitu Sheila on 7 yang melahirkan banyak lagu sejak tahun 1990-an. Sheila on 7 tidak hanya dikenal karena mampu melahirkan lagu lagu hits melainkan karena mereka mampu bertahan dalam dunia musik Indonesia ketika band lain seusianya telah hilang dan tetap bersaing meski band – band baru telah muncul.

Jika Anda ingin menjadi sosok sales yang kawakan, maka tantangan berupa produk yang sulit laku di pasaran adalah suatu hal yang mampu membawa Anda ke level lebih tinggi. Ingat, seorang sales handal memulai karirnya dari sosok sales yang kesulitan melakukan penjualan.

Ciptakan Prestasi

Dalam dunia MotoGP, sosok Valentino Rossi bukanlah sosok asing bagi kalangan pecinta MotoGP. Ada banyak pebalap lain yang lebih muda di sirkuit motoGP, namun sosok Rossi masih menjadi sosok legendaris di dunia MotoGP dengan julukan The Doctor. Menjadi juara dunia berkali kali secara berturut turut menjadi alasan yang cukup kuat mengapa sosok Rossi masih tetap dikenang meski ia tidak muda lagi.

Begitu pula kita, memenuhi KPI mungkin menjadi hal biasa, namun jika kita mampu menciptakan sebuah perubahan positif yang berdampak pada operasional Anda, maka Anda akan menjadi sosok yang dikenang. Jika Anda adalah seorang supervisor, maka buatlah sebuah prosedur baru untuk memudahkan kinerja tim Anda. Jika Anda adalah seorang Staff HRD yang setiap harinya kewalahan untuk memberikan instruksi tes pada pelamar, Anda dapat menciptakan sebuah tes online yang lebih menghemat tenaga dan waktu Anda. Menjadi biasa biasa saja seringkali terlupakan, namun prestasi yang gemilang seringkali sulit dilupakan oleh orang lain.

Kooperatif

Ivan Gunawan, sosok designer yang seringkali dipercaya oleh para selebriti tanah air untuk berkontribusi dalam hari istimewanya. Kompeten sudah pasti dimiliki oleh Ivan Gunawan. Namun sosok hangat dari Ivan mampu membuat orang lain merasa nyaman untuk berada di dekatnya, dan hal tersebut cukup membuktikan bahwa sosoknya mudah untuk diajak bekerja sama.

Dalam dunia kerja, atasan, rekan kerja dan user kita adalah hal yang tak lepas dari keseharian. Jadilah sosok karyawan yang mudah diajak kerja sama oleh orang lain. Jika atasan Anda meminta Anda untuk membuat laporan, maka segera berikan laporan tersebut sesuai tenggat waktu. Jika Anda adalah seorang Staff IT maka layani user Anda dengan cepat tanggap dan ramah. Buatlah orang lain merasa nyaman dalam bekerja bersama Anda, karena kenyamanan seringkali menjadi alasan mengapa orang lain perlu mempercayai kita.

Lalu bagaimana cara agar Anda dapat dikenal setelah melakukan hal tersebut ?

Referensi

Seringkali ketika kita melamar kerja kita diminta untuk mencantumkan kontak seseorang yang mampu memberikan referensi terkait kinerja kita. Biasanya referensi merujuk pada atasan atau orang lain yang berinteraksi secara intens dengan kita. Ketika seseorang mereferensikan orang lain, mereka telah mempertaruhkan nama baiknya, itulah mereka tidak akan mereferensikan orang lain secara asal asalan dan hanya mereferensikan orang yang mereka percaya. Dan ketika orang lain bersedia mereferensikan kita, ia telah membantu kita agar kita memiliki citra positif di mata orang lain.

Diajak Bekerja Sama Kembali oleh Mantan Atasan / Rekan Kerja

Bisa jadi kita dan atasan saat ini tidak berada di satu perusahaan yang sama. Bukan tidak mungkin jika atasan / rekan kerja kita akan memulai suatu usaha baru, kita diminta untuk menjadi bagian dari usahanya. Ingat, seseorang tidak akan mengajak orang yang tidak ia percayai untuk bekerja sama. Dan ketika seseorang mengajak kita untuk bekerja sama kembali, ia telah membantu mengenalkan kita kepada rekan kerjanya yang lain bahwa kita adalah sosok profesional.

Berbagi

Dengan berbagi, kita telah memberi kesempatan bagi orang lain untuk mengenal kemampuan kita lebih dalam. Kita dapat berbagi ilmu dan pengalaman kepada orang lain melalui banyak media, aktif di komunitas, aktif di media sosial atau mungkin membagikannya ke dalam bentuk sebuah tulisan. Bisa jadi, ada seseorang yang tertarik merekrut kita karena ia melihat kita memahami sesuatu bidang dengan baik. Berbagi dengan orang lain membantu kita untuk menunjukkan bahwa diri kita adalah sosok yang mampu.

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjadi seorang profesional yang dikenal. Kita tidak perlu membuat sensasi hanya untuk dikenal, buatlah prestasi dan kita akan dikenang. Menjadi terkenal bukan hanya tentang menjadi pusat perhatian, menjadi terkenal juga menunjukkan bahwa kita layak untuk dihargai.

Mungkin kita pernah mendengar pertanyaan, “di akhir hidup, kita ingin dikenal sebagai sosok seperti apa ?”. Mari kita sama sama bertanya pada diri kita, kita ingin dikenal sebagai apa ? Ada banyak jawaban tentang pertanyaan itu. Namun jika Anda ingin dikenal sebagai sosok dengan karir cemerlang, maka tidak ada salahnya menerapkan beberapa tips di atas.

Jika hidup ini adalah sebuah layar kaca, maka kita bebas memilih ; menjadi pemain dalam suatu acara atau menjadi penonton dalam setiap acara. Keduanya memiliki resiko dan keduanya tidaklah mudah. Karena kita bertanggung jawab atas hidup kita, maka ada baiknya kita menentukannya sejak dini. Karena masa kini adalah milik kita dan masa depan adalah sebuah rahasia yang tidak pernah kita ketahui apa isi di dalamnya.

0 komentar:

Post a Comment