Home » , » Spongebob Squarepants : Tentang Semangat dan Komitmen Kerja

Spongebob Squarepants : Tentang Semangat dan Komitmen Kerja

Saya rasa kita semua mengenal film kartun berjudul Spongebob dengan tokoh utama si busa kuning yang bekerja di sebuah restoran burger. Saya masih mengingat dengan jelas bahwa saya selalu menonton Spongebob sebelum berangkat ke sekolah. Meski seringkali sosok Spongebob tampil menyebalkan bersama sahabatnya, Patrick, Spongebob digambarkan sebagai teman yang tulus.

Tentu kita mengingat bahwa Spongebob pekerja sebagai pembuat krabby patty di restoran Krusty Krab yang dimiliki oleh Tuan Crab. Spongebob memiliki rekan kerja bernama Squidward yang bertugas sebagai kasir. Krusty Krab digambarkan sebagai restoran populer dengan krabby patty sebagai menu juaranya.



Jika Squidward merasa terjebak dalam pekerjaannya, maka Spongebob sangat mencintai pekerjaannya. Ia merasa sangat bangga dapat membuat krabby patty sehingga ia selalu bersemangat menjalani pekerjaannya. Saya hampir tidak bisa mengingat kapan Spongebob datang bekerja dengan perasaan malas, kecuali ketika spatulanya rusak.

Spongebob berhasil membuat saya tersadar melalui sikap positifnya dalam bekerja. Setidaknya, ada beberapa hal yang patut ditiru dari si kuning ini untuk menimbulkan semangat dalam bekerja.

Membawa Energi Positif

Dalam cerita ini digambarkan bahwa Squidward merasa tergangu dengan adanya Spongebob dan selalu berharap memiliki hari tanpa ada Spongebob di sekelilingnya. Sayangnya, Spongebob selalu mendekati Squidward tanpa peduli sekeras apapun penolakan yang ia terima karena baginya Squidward adalah temannya. Dalam beberapa hal, Spongebob bersikap menyebalkan namun ia selalu berusaha bekerja sama dengan baik bersama Squidward. 

Spongebob selalu datang dengan semangat karena ia sangat mencintai pekerjaannya. Meski terkadang hari terasa berat, keesokan harinya Spongebob akan kembali datang seolah tidak ada hal buruk yang telah terjadi. 

Dalam satu episode diceritakan bahwa Spongebob selalu menjadi karyawan terbaik di Krusty Krab, meski nyatanya Tuan Crab hanya memiliki 2 pegawai. Dan meskipun Squidward tidak antusias terhadap pekerjaannya, Spongebob tetap berusaha melakukan yang terbaik dari dirinya. 

Service Excellent

Selain bertugas untuk membuat krabby patty, Spongebob juga bertugas untuk mengantarkan makanan ke pelanggan. Dalam suatu episode, digambarkan bahwa Spongebob mengetahui nama setiap pelanggan Krusty Krab dan selalu menyapa mereka dengan ramah. Tidak hanya itu, ia bahkan membuat sebuah buku yang berhasil membantu Squidward untuk mengenal para pelanggan Krusty Krab. 

Can Do Attitude

Spongebob digambarkan sebagai pribadi yang bersedia mengambil tanggung jawab lebih ketika Squidward lebih memilih bersantai di rumahnya. Dalam satu episode, Spongebob diberikan tugas oleh Tuan Crab untuk memata matai Plankton yang merupakan kompetitor mereka. Spongebob berusaha menjalankan tugasnya dengan penuh totalitas dengan ditemani Patrick. 

Dalam episode lain, digambarkan Krasty Krab sedang kedatangan tamu dan Spongebob dituntut untuk merepresentasikan kepada tamu tersebut bahwa Krasty Krab adalah tempat yang layak dipertimbangkan. Dalam episode ini digambarkan bahwa Spongebob sedikit merasa tertekan namun tetap memerintahkan kepada dirinya sendiri untuk melakukan yang terbaik. Meski pada akhirnya acara tersebut gagal karena Spongebob tidak dapat mengingat namanya, setidaknya sebelumnya ia berhasil membuat sang tamu merasa terpukau dengan pelayanan yang ia berikan. 

Menghormati Atasannya

Digambarkan bahwa Spongebob selalu patuh pada perintah Tuan Crab meski seringkali ia dengan mudah dibohongi olehnya dan meskipun Tuan Crab adalah sosok yang kikir. Secara tersirat, Tuan Crab menyukai hasil kerja Spongebob yang dianggap mampu mendatangkan uang bagi Krusty Krab.

Tidak Menghabiskan Waktu untuk Hal Negatif

Bukan karena Krusty Krab hanya memiliki 2 karyawan, namun dalam beberapa hal Spongebob sebenarnya memiliki kesempatan untuk terlibat dalam office politic. Sikap Squidward yang terkadang menjengkelkan bisa saja membuatnya merasa tidak nyaman dan kemudian mengakibatkan hubungannya dengan Squidward merenggang. Atau bisa saja Spongebob mengajukan protes ke Tuan Crab karena banyaknya pekerjaan yang ia kerjakan. Namun pada akhirnya Spongebob memilih untuk tidak melakukan hal hal yang bisa jadi menimbulkan emosi negatif. 

Pandai Menjaga Rahasia

Dengan sikap polosnya, Spongebob seringkali diperalat oleh Plankton untuk dapat membocorkan resep rahasia krabby patty. Dalam suatu episode, Plankton menggunakan sebuah alat untuk mengetahui isi kepala Spongebob yang hasilnya nihil. Di lain episode, Spongebob digambarkan memiliki komitmen untuk menjaga resep rahasia krabby patty ketika Plankton datang menyerang Krusty Krab dengan alat alatnya yang canggih. 

Setidaknya itulah beberapa hal yang bisa saya simpulkan dari sosok Spongebob melalui episode yang beberapa hari ini saya tonton. Oh tentu saja Spongebob memiliki kelemahan seperti ceroboh dan terkadang kekanak kanakan. Namun sikap positif yang ia pancarkan patut membuat Tuan Crab menganggapnya sebagai salah satu aset yang harus dijaga. 

Saya tidak ingin mengatakan bahwa Spongebob adalah sosok ideal yang sepenuhnya dapat ditiru, namun Spongebob memiliki beberapa sikap kerja yang patut dimiliki jika kita ingin menjadi seorang bintang dalam karir kita. Satu hal yang terlihat jelas dari Spongebob adalah kecintaannya dan komitmennya terhadap pekerjaannya yang membuatnya selalu menjalankan tugasnya dengan baik.

Saya tidak menyangka si spons kuning mampu mengajarkan banyak hal yang dapat diterapkan dalam pekerjaan. Seperti warna Spongebob, mari mulai pekerjaan kita dengan semangat seolah pekerjaan kita adalah pekerjaan yang paling membanggakan. Tak peduli apapun pekerjaan kita, membanggakan tidaknya suatu pekerjaan ditentukan oleh sudut pandang kita, bukan oleh pernyataan orang lain. 

Mari awali pekan ini dengan ceria dan komitmen. Selamanya tetap akan tertulis "mari awali" karena semangat kerja dan komitmen seharusnya tak pernah berakhir. 

Selamat bekerja ! Selamat memulai aktifitas.

0 komentar:

Post a Comment