Home » » Mengenal MBTI : Kesimpulan dan Pengantar

Mengenal MBTI : Kesimpulan dan Pengantar

Pada empat minggu terakhir saya telah mengajak Anda mengenal 4 dimensi dalam konsep MBTI. Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, dalam setiap dimensi bukan berarti kita selalu menggunakan tipe tersebut namun secara alamiah kita akan lebih dominan di satu sisi.

Sepanjang usia, setiap manusia akan semakin berkembang dan mengasah sisi lainnya. Entah karena bertemu orang baru, tuntutan lingkungan atau karena alasan lain berubah menjadi lebih baik adalah salah satu hal yang diinginkan setiap orang.

Dalam konsep MBTI kita mengenal 16 kepribadian yang merupakan kombinasi dari setiap dimensi. 16 kepribadian tersebut antara lain ;


Ilustrasi tersebut saya kutip dari https://planetinfj.wordpress.com/tag/mbti/ yang juga membahas konsep MBTI. Namun saya sendiri memilih "Pribadimu Profesimu" karya Paul D. Tieger, Barbara Barron dan Kelly Tiegerserta "Persona" karya Irul Haqqiasmi sebagai referensi. Saya menghabiskan waktu cukup lama untuk memahami konsep MBTI karena konsep ini membagi manusia ke dalam kelompok yang lebih rumit.

Tidak seperti konsep DISC dimana saya bahkan dapat mengidentifikasi seseorang di pertemuan pertama, saya membutuhkan analisa yang cukup dalam untuk mengidentifikasi seseorang berdasarkan konsep MBTI. Namun secara garis besar, konsep MBTI dibagi menjadi 4 kelompok besar yaitu ;



Saya telah membahas gambaran besar dari setiap kelompok pada postingan saya sebelumnya. Namun agar Anda lebih memahami konsep MBTI saya akan menjelaskan ciri khas dari setiap kelompok di postingan selanjutnya. 

0 komentar:

Post a Comment