Halo teman teman HR seperjuangan,
Saya yakin, Anda pasti sudah
mendengar berbagai macam produk HRIS seperti Sunfish, Talenta, Orange, dsb yang
diklaim mampu membantu para HR melaksanakan tugasnya. Pengajuan cuti,
perjalanan dinas, izin, dst sudah bisa diajukan melalui sistem tanpa perlu
menggunakan form yang bisa terselip dan memenuhi ordner di lemari. Masalah
penggajian pun tidak lagi serumit dulu yang mengharuskan kita memeriksa satu
per satu rumus. Belum lagi beragam laporan kepegawaian yang bisa didownload
kapanpun sesuai kebutuhan kita.
Tidak hanya HRIS, sudah banyak perusahaan
yang membeli sebuah sistem ERP atau justru mengembangkan sistem untuk
operasional kerja. Sistem memang telah menyediakan suatu rel dimana kita hanya
perlu berjalan mengikutinya tanpa harus berpikir alternatif jalan lainnya.
Tidak dapat dipungkiri, sistem memang membuat pekerjaan kita menjadi lebih
mudah. Namun terkadang ada beberapa pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan
melalui sistem sehingga kita mengerjakannya secara manual.
Bicara mengenai mengelola data
data dari sistem, kita juga cukup familiar dengan Microsoft Excel. Microsoft
excel pun mampu membantu kita dalam menyajikan sebuah laporan ataupun
mendapatkan informasi melalui pilihan rumus rumus di dalamnya. Saya juga yakin
Anda mengenal rumus rumus dasar untuk penambahan, pengurangan, perkalian dan
pembagian. Namun Microsoft Excel menyediakan ratusan rumus yang dapat kita
gunakan, dan berikut adalah beberapa di antaranya yang cukup sering digunakan
untuk mengelola data ;
VLOOKUP dan HLOOKUP
Pernah kesulitan untuk mencocokan
suatu data ? Atau ingin mengambil suatu data dari file lain yang berisikan
ribuan kolom ? Nah, Anda dapat menggunakan rumus ini.
Vlookup dan Hlookup merupakan
bagian dari fungsi Lookup. Lookup digunakan untuk mencari nilai pada baris atau
kolom Tertentu. Vlookup digunakan untuk mencari nilai dalam bentuk kolom/vertikal,
sedangkan Hlookup untuk mencari nilai dalam bentuk baris /horizontal.
Dalam pekerjaan pun Anda bisa
menggunakan rumus ini untuk mencocokan data BPJS dari SIPP/Edabu dan dari
sistem, mengambil informasi dari file data karyawan, dan sebagainya.
Untuk mengetahui rumus dan cara
penggunaannya Anda dapat melihat referensi dari link berikut ; Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP
IF
Pasti Anda familiar dengan skenario
; jika nilai appraisal <50 maka="" masuk="" span="" style="mso-spacerun: yes;"> 50>
dalam kategori E, nilai ≤60 masuk kategori D,
dan seterusnya. Atau mungkin skenario lain seperti ; jika gaji < Rp
4.100.000 maka masuk dalam kelas rawat 2, jika gaji ≥ Rp 4.100.000 maka masuk
dalam kelas rawat 1.
Nah, untuk mengelola skenario
tersebut, Anda dapat menggunakan rumus IF. Dibanding dengan rumus VLOOKUP dan
HLOOKUP, rumus IF cukup panjang bergantung pada banyaknya skenario yang
dimasukkan.
Fungsi IF memungkinkan Anda untuk
membuat perbandingan logis antara nilai dan apa yang diharapkan dengan menguji
kondisi dan mengembalikan hasil jika True atau False.
Untuk mengetahui rumus
dan cara penggunaannya Anda dapat melihat referensi dari link berikut ; Rumus IF
COUNTIF dan COUNTIFS
Dalam acara gathering, biasanya
kita seringkali memesan kaos yang berarti kita memerlukan informasi jumlah
ukuran yang akan dibeli. Kalau karyawan hanya 10, kita masih bisa menghitung
dengan jari, namun bagaimana jika karyawannya ada ribuan ?
Nah, rumus COUNTIF memudahkan
kita untuk menghitung berapa banyak kaos ukuran S/M/L yang perlu dibeli. Fungsi
COUNTIF digunakan untuk mencacah / menghitung jumlah sel berdasarkan pada
syarat / kriteria tunggal tertentu.
Hampir sama dengan rumus COUNTIF,
rumus COUNTIFS berfungsi untuk menghitung jumlah data atau banyak data pada
cell yang memenuhi banyak kriteria, syarat atau kondisi tertentu. Misalkan, kita
ingin menghitung jumlah karyawan laki laki dengan ukuran kaos S/M/L.
Untuk mengetahui rumus dan cara
penggunaannya Anda dapat melihat referensi dari link berikut ; Rumus COUNTIF dan Rumus COUNTIFS
Demikian adalah 3 rumus excel
yang sering digunakan dalam pengelolaan data. Masih ada banyak rumus lain yang
digunakan dalam pengelolaan data, seperti IF-AND, IF-OR, SUMIF, ROUND, LEFT,
MID, dst namun ketiga rumus di atas dirasa cukup membantu dalam pengelolaan
data HR yang telah dibantu oleh sistem.
Meski saat ini sistem HR telah
berkembang pesat, tidak ada salahnya untuk tetap menguasai Microsoft Excel.
Meskipun Microsoft Excel cukup rumit dengan berbagai rumus di dalamnya, program
tersebut membantu kita untuk melatih logika kita. Misalkan, sistem memberikan
informasi tentang jumlah gaji yang diterima oleh karyawan sedangkan Microsoft Excel
memberikan informasi jumlah gaji tersebut serta bagaimana cara mendapatkannya.
Sistem memang membantu kita dalam
mengerjakan banyak hal, namun jangan biarkan diri kita dimanjakan oleh adanya
sistem. Kita perlu terus menerus melatih ketajaman daya pikir kita, agar kita
tidak tergerus perkembangan zaman, juga agar kita tidak terkalahkan oleh teknologi.
Dan Microsoft Excel dengan ribuan rumus di dalamnya dapat menjadi alternatif
bagi Anda yang ingin terus mengasah daya pikir Anda.
Selamat mencoba !
Lucky Club Lucky Club Casino Site » Live Betting, Special
ReplyDeleteLucky Club Casino is a unique game studio which has been around since 2012 and has an extensive experience in producing over 300 different games for luckyclub.live online