Home » , » 5 Hal Yang Harus Dikuasai Dalam Masa Kerja 3 Bulan Pertama

5 Hal Yang Harus Dikuasai Dalam Masa Kerja 3 Bulan Pertama


Berapa waktu yang dibutuhkan untuk memahami pekerjaan Anda ?

Saya yakin jawabannya relatif, ada yang beranggapan 1 tahun adalah waktu yang ideal dan ada pula yang beranggapan bahwa waktu yang dibutuhkan lebih singkat. Bicara tentang kecepatan pemahaman maka kita akan bicara mengenai kemampuan daya tangkap yang belum tentu sama satu sama lain. Karena keberagaman tersebut, 3 bulan dianggap merupakan waktu yang cukup untuk memberikan kesempatan kepada seseorang untuk memahami pekerjaannya. Itulah mengapa masa percobaan dilakukan selama paling lama 3 bulan.


Di era persaingan kerja yang sengit ini, mengerjakan tugas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan adalah hal yang wajar. Tidak berlebihan dan juga tidak kurang. Namun menjadi wajar tidaklah cukup (cukup jika Anda ingin membiarkan orang lain berlari mendahului Anda). Pertarungan dunia kerja tidak berakhir saat Anda dinyatakan diterima bekerja namun akan terus berlangsung selama Anda bekerja.

Untuk dapat bertahan dalam dunia kerja yang kompetitif, Anda perlu bekerja lebih keras dibanding yang lainnya termasuk ketika Anda berada di masa kerja 3 bulan pertama. Selain penguasaan pekerjaan, setidaknya ada beberapa hal yang perlu dikuasai di 3 bulan pertama bekerja ;

Struktur Organisasi

Ini adalah hal dasar yang perlu Anda pahami. Disamping Anda memahami kedudukan Anda dalam organisasi, adalah penting untuk memahami organisasi Anda termasuk peranan setiap orang dalam organisasi.

Dengan memahami struktur organisasi, Anda akan lebih mudah untuk mengidentifikasi siapa saja pihak yang Anda butuhkan untuk berkoordinasi. Tidak hanya itu, struktur organisasi juga membantu Anda untuk memahami peranan dan tanggung jawab orang lain dalam organisasi Anda secara garis besar.

Gambaran Besar Proses Bisnis

Memahami gambaran besar suatu hal diyakini dapat membantu seseorang untuk lebih termotivasi dalam menjalaninya. Hal yang sama juga berlaku dalam bekerja, setidaknya Anda perlu memahami gambaran besar proses bisnis perusahaan tempat Anda bekerja dan bagaimana perusahaan Anda menghasilkan keuntungan.

Proses bisnis ini seringkali diabaikan, namun ketika kita memahami proses bisnis maka secara tidak langsung kita memahami fungsi kita dalam perusahaan. Jika ditilik lebih jauh, proses bisnis memberikan informasi input apa saja yang Anda butuhkan dalam melakukan pekerjaan dan output apa saja yang perlu Anda hasilkan dalam pekerjaan Anda serta apa pengaruhnya terhadap pihak lain.

Peranan Anda dalam Koordinasi Lintas Divisi

Anda perlu mengetahui siapa saja pihak dari divisi lain yang berkaitan dengan pekerjaan Anda seperti yang telah disinggung dalam 2 poin sebelumnya. Anda tidak hanya perlu memahami input yang Anda butuhkan dan output yang Anda hasilkan, Anda juga perlu menggali ekspektasi orang lain terhadap hasil kerja Anda dan kendala yang sering mereka hadapi.

Disamping akan membantu orang lain dalam melaksanakan tugasnya, hal ini akan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas kerja Anda. Ketika kualitas kerja Anda meningkat, maka akan meningkatkan kualitas kerja dari pihak lain. Secara tidak langsung, kualitas organisasi  menjadi lebih baik dan begitu pula dengan kualitas diri Anda.

Product Knowledge

Semua pihak dalam organisasi perlu mendalami product knowledge meskipun ia bukanlah seorang sales. Bahkan driver yang tidak berhubungan secara langsung dengan bisnis sekalipun perlu memahami produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Alasannya sederhana, setiap orang dalam organisasi adalah representatif perusahaan dan juga seorang sales.

Lantas, bagaimana saya dapat menjalankan peran sebagai seorang sales meskipun saya bukanlah seorang sales ? Cara yang paling sederhana dapat dilakukan ketika Anda sedang berkumpul dengan teman teman Anda. Besar kemungkinannya mereka akan menanyakan perusahaan tempat Anda bekerja dan produk apa yang dihasilkan. Ketika Anda memberikan penjelasan, bisa saja salah satu dari teman Anda sedang membutuhkan produk tersebut atau mungkin dapat menjadikan Anda sebagai referensi jika terdapat orang lain yang memiliki kebutuhan atas produk tersebut.

Loh kenapa kok saya harus perlu ikut menjadi sales, itu bukan posisi yang saya duduki. Ketika Anda menjelaskan produk dari perusahaan Anda kepada orang lain maka saat itu Anda telah melakukan promosi. Semakin banyak promosi yang dilakukan maka semakin banyak orang yang mengenal perusahaan Anda. Dan semakin perusahaan Anda dikenal maka penjualan perusahaan berpeluang untuk bertambah dan jika target perusahaan tercapai, bukan tidak mungkin Anda akan turut merasakan hasilnya.

Memberikan saran untuk perbaikan

Melakukan pekerjaan sesuai standar adalah hal yang perlu dilakukan. Yang harus diingat adalah, standar yang saat ini Anda jadikan acuan bisa jadi tidak lagi relevan dengan situasi saat ini. Bagaimanapun juga, standar adalah suatu hal yang perlu diperbarui seiring perkembangan waktu.

Cobalah untuk tidak hanya menjalankan pekerjaan sesuai standar, namun juga berpikirlah tentang bagaimana pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Ketika Anda dapat memberikan saran dan saran itu terwujud, maka Anda akan merasakan dampaknya. Di sisi lain, ini akan menjadi penilaian positif bagi diri Anda di mata atasan Anda.

Beberapa hal di atas adalah saran yang dapat dilakukan untuk membuat Anda mendapatkan poin plus selama masa kerja 3 bulan pertama. Beberapa hal tersebut bisa jadi terlalu berat untuk dijalani, belum lagi tuntutan untuk menguasai pekerjaan dengan baik. Namun karena hal tersebut berat, maka Anda akan dinilai positif ketika mampu menguasainya karena tidak semua orang mau melakukannya.

3 bulan bisa jadi masa yang singkat namun merupakan masa masa kritis dalam awal karir Anda. Tidak sedikit orang yang tidak lulus dalam masa percobaan dan tidak sedikit perusahaan memaksakan seseorang untuk terus bekerja meski hasil kerjanya tidak memuaskan hanya karena tidak mau mengajari orang lain lagi. Di tengah berbagai kondisi, jadikanlah diri Anda layak. Layak untuk terus mendapatkan kesempatan berkarir atau bahkan layak untuk direbutkan oleh divisi lain. Jadikanlah diri Anda layak untuk terus bersaing dalam dunia kerja secara positif karena hanya mereka yang terus berusaha mengembangkan diri yang akan bertahan dalam persaingan dunia kerja.

Perusahaan selalu mengharapkan setiap karyawan untuk bekerja dengan maksimal, namun bukan untuk itu Anda bekerja. Anda bekerja untuk diri Anda sendiri, untuk menghargai diri Anda dengan tidak membiarkan satu detikpun terlewat tanpa satu tindakan yang bermakna.

0 komentar:

Post a Comment