Berapa waktu yang dibutuhkan
untuk memahami pekerjaan Anda ?
Saya yakin jawabannya relatif, ada
yang beranggapan 1 tahun adalah waktu yang ideal dan ada pula yang beranggapan
bahwa waktu yang dibutuhkan lebih singkat. Bicara tentang kecepatan pemahaman
maka kita akan bicara mengenai kemampuan daya tangkap yang belum tentu sama
satu sama lain. Karena keberagaman tersebut, 3 bulan dianggap merupakan waktu
yang cukup untuk memberikan kesempatan kepada seseorang untuk memahami
pekerjaannya. Itulah mengapa masa percobaan dilakukan selama paling lama 3
bulan.
Di era persaingan kerja yang
sengit ini, mengerjakan tugas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan
adalah hal yang wajar. Tidak berlebihan dan juga tidak kurang. Namun menjadi
wajar tidaklah cukup (cukup jika Anda ingin membiarkan orang lain berlari
mendahului Anda). Pertarungan dunia kerja tidak berakhir saat Anda dinyatakan
diterima bekerja namun akan terus berlangsung selama Anda bekerja.
Untuk dapat bertahan dalam dunia
kerja yang kompetitif, Anda perlu bekerja lebih keras dibanding yang lainnya
termasuk ketika Anda berada di masa kerja 3 bulan pertama. Selain penguasaan
pekerjaan, setidaknya ada beberapa hal yang perlu dikuasai di 3 bulan pertama
bekerja ;
Struktur Organisasi
Ini adalah hal dasar yang perlu
Anda pahami. Disamping Anda memahami kedudukan Anda dalam organisasi, adalah
penting untuk memahami organisasi Anda termasuk peranan setiap orang dalam organisasi.
Dengan memahami struktur
organisasi, Anda akan lebih mudah untuk mengidentifikasi siapa saja pihak yang
Anda butuhkan untuk berkoordinasi. Tidak hanya itu, struktur organisasi juga
membantu Anda untuk memahami peranan dan tanggung jawab orang lain dalam
organisasi Anda secara garis besar.
Gambaran Besar Proses Bisnis
Memahami gambaran besar suatu hal
diyakini dapat membantu seseorang untuk lebih termotivasi dalam menjalaninya.
Hal yang sama juga berlaku dalam bekerja, setidaknya Anda perlu memahami
gambaran besar proses bisnis perusahaan tempat Anda bekerja dan bagaimana
perusahaan Anda menghasilkan keuntungan.
Proses bisnis ini seringkali
diabaikan, namun ketika kita memahami proses bisnis maka secara tidak langsung
kita memahami fungsi kita dalam perusahaan. Jika ditilik lebih jauh, proses
bisnis memberikan informasi input apa saja yang Anda butuhkan dalam melakukan
pekerjaan dan output apa saja yang perlu Anda hasilkan dalam pekerjaan Anda
serta apa pengaruhnya terhadap pihak lain.
Peranan Anda dalam Koordinasi Lintas Divisi
Anda perlu mengetahui siapa saja
pihak dari divisi lain yang berkaitan dengan pekerjaan Anda seperti yang telah
disinggung dalam 2 poin sebelumnya. Anda tidak hanya perlu memahami input yang
Anda butuhkan dan output yang Anda hasilkan, Anda juga perlu menggali
ekspektasi orang lain terhadap hasil kerja Anda dan kendala yang sering mereka
hadapi.
Disamping akan membantu orang
lain dalam melaksanakan tugasnya, hal ini akan membantu Anda untuk meningkatkan
kualitas kerja Anda. Ketika kualitas kerja Anda meningkat, maka akan
meningkatkan kualitas kerja dari pihak lain. Secara tidak langsung, kualitas organisasi
menjadi lebih baik dan begitu pula
dengan kualitas diri Anda.
Product Knowledge
Semua pihak dalam organisasi
perlu mendalami product knowledge meskipun ia bukanlah seorang sales. Bahkan
driver yang tidak berhubungan secara langsung dengan bisnis sekalipun perlu
memahami produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Alasannya sederhana, setiap
orang dalam organisasi adalah representatif perusahaan dan juga seorang sales.
Lantas, bagaimana saya dapat
menjalankan peran sebagai seorang sales meskipun saya bukanlah seorang sales ? Cara
yang paling sederhana dapat dilakukan ketika Anda sedang berkumpul dengan teman
teman Anda. Besar kemungkinannya mereka akan menanyakan perusahaan tempat Anda
bekerja dan produk apa yang dihasilkan. Ketika Anda memberikan penjelasan, bisa
saja salah satu dari teman Anda sedang membutuhkan produk tersebut atau mungkin
dapat menjadikan Anda sebagai referensi jika terdapat orang lain yang memiliki
kebutuhan atas produk tersebut.
Loh kenapa kok saya harus perlu
ikut menjadi sales, itu bukan posisi yang saya duduki. Ketika Anda menjelaskan
produk dari perusahaan Anda kepada orang lain maka saat itu Anda telah
melakukan promosi. Semakin banyak promosi yang dilakukan maka semakin banyak
orang yang mengenal perusahaan Anda. Dan semakin perusahaan Anda dikenal maka
penjualan perusahaan berpeluang untuk bertambah dan jika target perusahaan
tercapai, bukan tidak mungkin Anda akan turut merasakan hasilnya.
Memberikan saran untuk perbaikan
Melakukan pekerjaan sesuai
standar adalah hal yang perlu dilakukan. Yang harus diingat adalah, standar
yang saat ini Anda jadikan acuan bisa jadi tidak lagi relevan dengan situasi
saat ini. Bagaimanapun juga, standar adalah suatu hal yang perlu diperbarui
seiring perkembangan waktu.
Cobalah untuk tidak hanya
menjalankan pekerjaan sesuai standar, namun juga berpikirlah tentang bagaimana
pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Ketika
Anda dapat memberikan saran dan saran itu terwujud, maka Anda akan merasakan
dampaknya. Di sisi lain, ini akan menjadi penilaian positif bagi diri Anda di
mata atasan Anda.
Beberapa hal di atas adalah saran
yang dapat dilakukan untuk membuat Anda mendapatkan poin plus selama masa kerja
3 bulan pertama. Beberapa hal tersebut bisa jadi terlalu berat untuk dijalani,
belum lagi tuntutan untuk menguasai pekerjaan dengan baik. Namun karena hal
tersebut berat, maka Anda akan dinilai positif ketika mampu menguasainya karena
tidak semua orang mau melakukannya.
3 bulan bisa jadi masa yang
singkat namun merupakan masa masa kritis dalam awal karir Anda. Tidak sedikit
orang yang tidak lulus dalam masa percobaan dan tidak sedikit perusahaan
memaksakan seseorang untuk terus bekerja meski hasil kerjanya tidak memuaskan
hanya karena tidak mau mengajari orang lain lagi. Di tengah berbagai kondisi,
jadikanlah diri Anda layak. Layak untuk terus mendapatkan kesempatan berkarir
atau bahkan layak untuk direbutkan oleh divisi lain. Jadikanlah diri Anda layak
untuk terus bersaing dalam dunia kerja secara positif karena hanya mereka yang
terus berusaha mengembangkan diri yang akan bertahan dalam persaingan dunia
kerja.
Perusahaan selalu mengharapkan
setiap karyawan untuk bekerja dengan maksimal, namun bukan untuk itu Anda
bekerja. Anda bekerja untuk diri Anda sendiri, untuk menghargai diri Anda dengan
tidak membiarkan satu detikpun terlewat tanpa satu tindakan yang bermakna.
0 komentar:
Post a Comment