Home » , » Cara Memperbaiki Kepribadian Melankolis Sempurna

Cara Memperbaiki Kepribadian Melankolis Sempurna

Tips Psikologis kali ini kita lanjutkan kepada tipe pria super cool dan wanita super anggun yang merupakan para MELANKOLIS SEMPURNA. Beberapa dari kita akan terpesona seketika saat melihat tipe ini karena mereka terlihat begitu berwibawa dan berkelas. Mereka memiliki standar tinggi dalam hal apapun termasuk dalam berpenampilan. Oleh karena itu mereka seringkali terlihat anggun/berwibawa. 

Namun dibalik kewibawaan mereka, mereka menetapkan standar tinggi yang cukup membuat orang lain merasa tertekan. Dibalik kesempurnaan mereka, tetap saja ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Apakah itu ? 

Mudah tertekan

Meskipun mereka selalu terlihat sempurna, dalam hati mereka merasa sangat tertekan karena standar mereka sendiri. Mereka akan merasa gelisah jika tampil tidak "rapi" menurut standar mereka, padahal mereka sudah terlihat rapi oleh orang lain. Mereka akan merasa gelisah jika ada sesuatu yang "kurang" bagi mereka di dalam pekerjaannya, padahal orang lain tidak selalu memperhatikan detail yang mereka prioritaskan. 

Selain itu, jika Sanguinis fokus kepada sekumpulan bunga di taman, maka Melankolis akan fokus pada rumputnya. Mereka adalah orang yang selalu waspada akan segala sesuatu. Sikapnya yang pandai menganalisa akan membuat mereka dengan lihai mengambil kesimpulan berdasar apa yang mereka lihat. Namun seringkali mereka terlalu waspada sehingga mereka mencurigai segala apapun yang ada di hadapan mereka.

Baca Juga : Sanguinis Populer vs Melankolis Sempurna

Sikap mereka yang selalu curiga membuat wajah mereka terlihat muram. Bukan tanpa alasan, jika Sanguinis senang diperhatikan, Melankolis seringkali menghindari perhatian. Mereka akan bersikap apa adanya. 

Melankolis perlu melakukan sedikit perubahan dari diri mereka. Mereka perlu mengendurkan prinsip mereka dalam segala hal karena tidak semua orang dapat mengikuti atau bahkan peduli dengan standar yang mereka miliki. 

Mereka harus berhenti merunut segala sesuatu secara detail, karena lagi-lagi hal itu terkadang hanya menyulitkan mereka. Ya, melankolis selalu berpikir panjang dan memikirkan efek negatif dari sesuatu sehingga mereka rela bersusah payah untuk meminimalisir resiko. Dan tentunya mereka harus mencoba berpikir sederhana karena tidak segalanya perlu dibuat secara detail. 

Daan, tidak selamanya sesuatu yang tidak masuk di logika mereka adalah hal yang salah. Mereka harus memahami bahwa ada faktor perasaan yang mempengaruhi suatu keputusan. Dan perasaan dan logika saling bertolak belakang.  

Menunda-nunda

Melankolis adalah pribadi yang suka menunda pekerjaan. Namun bukan karena mereka malas, melainkan karena mereka ingin mempersembahkan sesuatu yang sempurna sehingga mereka seringkali menunggu hal lain yang bisa mendukung keinginan mereka. 

Tentu saja menunda adalah hal yang seringkali harus dihindari. Dan para Melankolis harus belajar untuk tidak terlalu banyak mengambil pertimbangan yang kemungkinan akan membuat pekerjaan mereka terundur.  

Cenderung mudah tersinggung

Para melankolis seringkali mengartikan segala sesuatu secara serius dan logis, sehingga seringkali mereka merasa tersinggung dengan orang lain, padahal belum tentu orang lain berniat menyakitinya. Oleh karena itu, mereka perlu memahami bahwa tidak semua orang berniat buruk padanya dan cobalah untuk berpikir positif karena pikiran negatif hanya akan menyakiti hati dan pikiran. 

Dingin, dan tidak pandai berkata-kata

Nah, ini dia nih sikap negatif mereka yang membuat orang lain merasa penasaran. Mereka menghindari perhatian dari orang lain dan seringkali irit bicara. Hal ini dikarenakan mereka hanya ingin membicarakan hal-hal yang bermanfaat. 

Sikap negatif ini membuat mereka sulit mengutarakan perasaan mereka karena mereka cenderung memendam sesuatu. Dalam hubungan kekeluargaan atau yang lainnya hal ini sangat mengganggu. Karena mereka terlihat seperti cuek dan tidak peduli pada sekitar. Maka, bagi para Melankolis perlu mengungkapkan secara lisan apa yang mereka rasakan kepada orang lain. Mereka harus belajar mempercayai orang lain untuk dijadikan teman berbagi. 



Jika Anda memiliki hubungan spesial dengan seorang Melankolis maka bersyukurlah. Meskipun kita seringkali terganggu  dengan sikapnya yang cemburuan (karena mereka selalu menaruh curiga pada orang lain), memaksa kita untuk tampil sesuai dengan standarnya, dan juga kurang romantis, namun bersyukurlah karena mereka adalah pribadi yang dingin dan sulit tergoda dengan orang lain. 

Mereka mencari sosok yang sempurna untuk mendampinginya dan sekali mereka mendapatkannya, mereka akan menjaganya sepenuh hati.

Demikian tips psikologi kali ini tentang cara memperbaiki kepribadian Melankolis Sempurna. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment