Home » , » Hasil Penilaian Kinerja Tidak Memenuhi Standar, Bad Dream or Bad Life ?

Hasil Penilaian Kinerja Tidak Memenuhi Standar, Bad Dream or Bad Life ?

Dalam dunia kerja, Anda tentunya tidak asing dengan istilah Key Performance Indicator (KPI) yang sesuai namanya berisikan indikator indikator yang menentukan bagus tidaknya kinerja Anda dalam suatu periode. Pencapaian KPI ini akan direview secara berkala untuk mengetahui apakah Anda berhasil mencapai target yang diberikan atau justru sebaliknya. Hasil dari penilaian kinerja ini seringkali berdampak pada kompensasi yang Anda terima, besaran bonus, kesempatan promosi dan lain sebagainya.

Semua orang tentunya berharap mendapatkan hasil penilaian kinerja yang memuaskan. Sayangnya, hasil penilaian kinerja yang memuaskan tidak turun begitu saja dari langit, Anda perlu bersikeras untuk mendapatkannya. Sayangnya juga, usaha keras Anda belum tentu membuahkan hasil sesuai yang Anda harapkan dan tidak jarang tidak membuahkan apapun.



Sebagai seorang karyawan tentu Anda telah berusaha menjalankan pekerjaannya secara maksimal. Lalu, bagaimana jika Anda telah berusaha memberikan yang terbaik, namun ternyata hasil penilaian kinerja Anda masih belum memenuhi standar ?

Kecewa, sedih, malu, marah dan segala emosi negatif kemungkinan besar akan menghampiri Anda. Kecewa pada diri sendiri karena tidak bisa memberikan yang terbaik. Sedih karena tidak mendapatkan apa yang Anda harapkan. Malu karena ternyata rekan kerja Anda lainnya mampu memberikan kinerja lebih baik dibanding Anda. Marah karena merasa tidak mendapatkan hasil sebesar apa yang telah Anda berikan. Anda dapat merasakan berbagai macam emosi negatif dan itu adalah hal yang normal.

Hasil penilaian kinerja yang tidak memuaskan bukanlah hal yang diharapkan. Hal ini seperti merupakan tiket menuju berbagai hal yang tidak diinginkan lainnya. Tidak mendapatkan bonus, demosi hingga pemutusan hubungan kerja seolah merupakan pintu tersembunyi dibalik hasil penilaian kinerja yang tidak memuaskan. Bagi beberapa orang, hal ini merupakan hal yang buruk.

Sebagian menganggap hasil penilaian kinerja yang buruk sebagai bad life, seolah olah hasil penilaian kinerja merusak citra diri Anda dan melukai harga diri Anda di depan rekan rekan Anda. Sebagian lagi menganggap hasil penilaian kinerja yang buruk sebagai bad dream, seolah olah penilaian kinerja yang buruk adalah suatu hal yang akan mudah dilupakan segera setelah terbangun dari tidur.

Menganggap hal tidak diharapkan ini sebagai bad dream sepertinya terdengar lebih menyenangkan meski kemungkinan hal ini juga mengarahkan Anda kepada bad life. Nyatanya bagi sebagian orang menganggap hal ini sebagai bad dream  membutuhkan effort lebih besar dibanding menerimanya sebagai bad life. Tapi toh, semua ini bergantung pada pilihan Anda, apakah Anda menganggapnya sebagai bad life yang membebani Anda atau bad dream yang sama sekali tidak mengganggu. Oleh karena itu, bagaimana jika kita anggap hasil penilaian kinerja buruk sebagai bad dream semata karena memang hal ini tidak akan benar benar menghancurkan Anda karena beberapa hal berikut ; 

Hasil Penilaian Kinerja = Kenyataan dari Sekian Kenyataan yang Ada

Nyatanya hasil penilaian kinerja merupakan kenyataan yang harus Anda hadapi. Terimalah kenyataan bahwa saat itu Anda belum melakukannya dengan baik. Sadari emosi yang timbul saat itu, bahkan bukan hal yang salah jika Anda berusaha melampiaskan emosi Anda selagi tidak merugikan orang lain. Lagipula Anda hanyalah manusia, makhluk yang tidak luput dari kesalahan. Di kehidupan yang keras ini tentu Anda telah melakukan banyak kesalahan, dan tentu saja Anda telah menghadapi banyak kenyataan pahit akibat kesalahan Anda. Oleh karena itu, bukankah hasil penilaian kinerja Anda yang buruk hanyalah satu dari sekian banyak kenyataan pahit yang berhasil Anda hadapi ?

Hasil Penilaian Kinerja Adalah Sebuah Nilai yang Terukur

Darimana Anda mengetahui kinerja Anda tidak memuaskan ? Tentu saja dari standar penilaian tersebut yang membatasi hasil penilaian kinerja yang memenuhi standar dan tidak. Dapat dikatakan bahwa nilai yang tertera dalam penilaian kinerja Anda adalah suatu nilai yang terukur berdasarkan measurement yang telah ditetapkan. 

Sesuai namanya, Key Performance Indicator mengukur hal hal yang dianggap kunci dari pekerjaan Anda. Oleh karena itu, ketika Anda tidak berhasil mendapatkan nilai yang memuaskan hal ini tidak serta merta menunjukkan bahwa Anda tidak kompeten dalam melaksanakan pekerjaan Anda. 

Hasil Penilaian Kinerja Menunjukkan Hasil dari Kegiatan di Masa Lalu

Penilaian kinerja menilai kinerja Anda di beberapa periode yang telah berlalu. Nilai ini menunjukkan masa lalu yang tidak dapat diubah, bukan masa depan yang tidak dapat diubah. Oleh karena itu, dibanding fokus meratapi hasil penilaian kinerja Anda, bukankah akan lebih baik jika Anda mengintrospeksi diri dari kesalahan Anda sehingga hal ini tidak kembali terulang di masa yang akan datang. Bagaimanapun juga, nilai tersebut bukanlah nilai yang didapat begitu saja. Hasil penilaian kinerja Anda merupakan reaksi dari aksi yang telah Anda upayakan. 

Hari ketika Anda mengetahui hasil penilaian kinerja Anda bisa jadi bukan merupakan hari yang indah, bisa jadi hal ini memporak porandakan suasana hati Anda. Oleh karena itu, Anda harus segera melupakannya layaknya Anda melupakan bad dream. Lakukan sesuatu yang lebih baik, agar hal buruk yang Anda alami tidak kembali berulang karena ketika Anda terus menerus mengulangi kesalahan yang sama, Anda telah berjalan menuju bad life. Hidup tidak selalu berjalan sesuai rencana, dan ketika Anda menemui hal yang mengacaukan perasaan Anda, ingatlah bahwa : it's just a bad day not a bad life.  


0 komentar:

Post a Comment