Home » » Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis, Lezat dan Menggairahkan

Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis, Lezat dan Menggairahkan

Bakso, adalah salah satu kudapan khas Indonesia yang dikenal di mancanegara. Bahkan, Barrack Obama cukup terkesan dengan kuliner dari olahan daging giling yang umumnya berbentuk seperti bola dengan kuah yang gurih.

Seiring berkembangnya zaman, bakso mengalami perkembangan inovasi. Ada yang berbentuk kotak, diisi dengan berbagai bahan, bahkan memiliki ukuran jumbo seberat 2 kg. Dari berbagai varian, salah satu bakso yang paling dikenal adalah bakso malang.

Saya, selaku salah satu kera ngalam yang terdampar di ibukota juga sangat menyukai kuliner satu ini. Setiap kedai bakso malang selalu saya jumpai, yah berharap rasanya sama dengan bakso yang dibuat di kampung halaman saya.


Contohnya hari ini, untuk mengisi weekend saya mengunjungi salah satu kedai bakso malang di Rawamangun, Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis namanya. Terletak di depan SMK Santa Lucia dan tak jauh dari kantor kelurahan Rawamangun membuat kedai bakso satu ini mudah ditemukan.



Untuk lebih jelasnya, kedai bakso ini terletak di JL. Rawamangun Muka Barat, No. 14, RT.9/RW.12, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur. 





Bagi Anda yang membawa kendaraan berupa motor, Anda dapat memarkirkannya di depan SMK Santa Lucia ataupun di depan kedai bakso itu sendiri. Disarankan lebih berhati hati dalam menjaga kendaraan dan juga barang bawaan Anda karena kendaraan Anda diletakkan di area terbuka dan dijaga oleh seorang tukang parkir. Biaya parkirnya sih cukup Rp 2.000 (dua ribu rupiah) untuk sekali parkir. Hanya saja untuk mobil, saya tidak menemukan tempat yang cukup untuk memarkir kendaraan di sekitar lokasi.



Kedai satu ini memberi tema prasmanan dimana kita bebas memilih menu. Di awal masuk Anda akan menjumpai suatu tempat berisi meja berisi mangkok, piring kecil, sendok dan garpu. Di sebelahnya Anda akan disuguhi dengan berbagai pilihan menu seperti tim goreng (atau yang biasa saya sebut bakso goreng), siomay goreng, kekian goreng (hampri sama seperti siomay goreng, hanya bentuknya lonjong). Di dalam panci, Anda akan menjumpai siomay basah, tahu siomay (tahu putih dengan isian daging), bakso dan tak ketinggalan juga pelengkap berupa bawang goreng dan daun bawang. Jika Anda bingung, Anda dapat meminta bantuan dengan karyawan yang bertugas melayani Anda.





Setelah memilih menu, Anda dapat bergegas untuk memilih tempat duduk. Ketika saya ke kedai ini, tempatnya cukup ramai meski tidak sampai membuat kita mengantri. Bagian dalamnya cukup luas, udara di dalamnya juga cukup sejuk. Di dalamnya disediakan sebuah toilet bagi pengunjung. Sayangnya, penerangan di dalam kedai sedikit gelap.



Setelah duduk, Anda akan dilayani oleh petugas yang menanyakan minuman apa yang Anda pilih. Pilihan minumannya sih cukup standar, seperti teh manis ataupun tawar, dingin maupun hangat. Selain itu tersedia menu es campur, es teler, dan es kelapa muda. Tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan minuman yang Anda pilih. Pelayanannya cukup cepat karena memang karyawannya cukup banyak, cukup mengimbangi pengunjung yang datang meski menurut saya pelayanan yang diberikan kurang ramah meski cukup memenuhi kebutuhan.

Oh iya, Anda juga bisa memesan lontong atau nasi kalau merasa kurang kenyang dengan menu yang Anda pilih. Selanjutnya, saya akan membahas rasa dan tekstur bakso malang satu ini.

  1. Kuah, cukup bening dengan rasa yang natural, tidak terlalu gurih namun cukup sedaplah.
  2. Bakso Halus, teksturnya cukup kenyal, gurih dan padat. Untuk ukurannya cukup besar dan mengenyangkan meski pada saat dibelah, bagian dalamnya masih terlihat merah.
  3. Tahu Siomay, terdiri dari tahu putih rebus dengan isian siomay. Tahu putihnya sih standar ya, untuk siomanya sendiri terdiri dari tepung kanji yang dicampur dengan daging. Sayangnya, rasa dagingnya kurang dominan dan porsi siomanya kurang banyak.
  4. Siomay Basah, rasanya seperti siomay basah pada umumnya, hanya saja rasa kanji terlalu dominan.
  5. Siomay Goreng dan Kekian Goreng, rasanya hampir sama dengan siomay basah namun berbeda bentuk.
  6. Tim Goreng, cukup garing di bagian luar dengan paduan tepung kanji dan daging. Untuk dagingnya cukup terasa meski teksturnya tidak padat.

Untuk minumannya saya mencoba Es Campur, rasanya cukup segar dengan isian potongan cincau, tapai singkong, kolang kaling dan alpukat.

Untuk menu bakso tadi dibanderol dengan harga Rp 4.500 per buah, untuk lebih jelasnya dapat dilihat di gambar di bawah ini.


Secara keseluruhan, saya merekomendasikan tempat ini bagi Anda yang mencari tempat nongkrong atau ingin mencoba kuliner baru. Hanya saja, Anda harus mempersiapkan budget yang lebih sebelum berkunjung ke tempat ini karena harganya cukup lumayan. Dari skala 1 – 5, saya memberikan rating 3 untuk Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis.

Oh iya, bagi Anda yang ingin menikmati Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis, namun lokasi Anda cukup jauh, Anda dapat mengunjungi salah satu cabangnya di :

  1. Cabang Pekayon : ruko samping mall Naga Pekayon – Bekasi 99604721
  2. Cabang Cempaka Putih : outlet samping holland bakery Cempaka Putih
  3. Cabang Pondok Kelapa : Ruko Blok B1 no 5c Jalan Raya Pondok Kelaapa – Jakarta Timur
  4. Cabang Pondok Kopi : Restoran BMCS -Jalan raya Robusta (depan Koramil Pondok kopi) – Jaktim
  5. Cabang Galaxi Bekasi : Outlet jl Taman Aster J4/no.14 no telp 8203548(samping dr Gunawan) Taman Galaxi Indah
  6. Cabang Kartini Bekasi : Outlet jl Kartini raya Bekasi – depan resto CIBIUK Indah
  7. Cabang Percetakan Negara Bekasi : Outlet jl Percetakan Negara Raya D 45 no.telp 97439720 (depan Mitra 10)
  8. Cabang Taman harapan baaru : ruko depan Mall THB Pekayon – Bekasi no. telp 41538122
  9. Cabang Grand Wisata bekasi : Ruko AA11 no.69 celebration beulevard no. telp 98661172
  10. Cabang Pulo asem utara: jl. pulo asem utara raya no.57 no.telp 94348238
Untuk informasi lebih jelas, Anda juga dapat mengunjungi website resmi Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis di http://baksomalang.com/ .

0 komentar:

Post a Comment