Home » » Alasan Mengapa Anda Malas Bekerja

Alasan Mengapa Anda Malas Bekerja

Pernahkah Anda merasa malas dalam melakukan suatu aktivitas bekerja ? Sering menunda nunda pekerjaan dengan banyak alasan. Cenderung melakukan kesalahan dalam bekerja meskipun Anda telah mengetahui aturannya. Merasa masa bodoh dan ingin cepat pulang saja.

Saya yakin beberapa dari Anda pernah merasakan ini. Dalam dunia kerja, hal ini seringkali disebut sebagai titik jenuh, masa dimana Anda tidak lagi merasa bergairah dalam melakukan pekerjaan Anda.



Hal ini seringkali disebabkan oleh alasan alasan berikut ;

Merasa tidak dihargai 

Malas bisa muncul ketika Anda telah merasa lelah dengan lingkungan sekitar Anda dan merasa upaya Anda tak lagi dihargai. Misalkan melakukan sesuatu yang pada awalnya Anda kerjakan dengan antusias namun karena tidak kunjung mendapat respon positif, akhirnya Anda menyerah. Atau diperlakukan dengan kasar oleh orang lain meski Anda telah berusaha.

Rasa lelah ini membuat Anda enggan mengeluarkan tenaga untuk melakukan hal hal ekstra yang dapat menunjang kinerja Anda karena Anda berpikir bahwa belum tentu mereka bisa menghargainya. Pikiran negatif ini yang lama kelamaan akan membunuh kreatifitas dan menjadikan Anda orang yang pasif. 

Terjebak dengan pekerjaan yang tidak sesuai passion

Setiap orang terlahir dengan karakteristik dan minat yang berbeda satu sama lain. Meski demikian tidak semua orang menyadari karakter dan minat yang ia miliki, begitu pun dengan sebagian perusahaan yang kurang mampu menggali karakter dan minat karyawannya. Dengan alasan ini, tidak jarang seseorang dipekerjakan dalam suatu posisi yang tidak sesuai dengan karakter dan minatnya, contohnya seorang introvert yang dipekerjakan sebagai sales. 

Ketidaksesuaian ini tentu awalnya akan menimbulkan rasa tidak nyaman dimana Anda akan sering melakukan kesalahan. Jika Anda tidak mampu untuk segera beradaptasi dengan pekerjaan Anda, maka Anda akan terjebak dalam rasa tidak nyaman tersebut yang akhirnya membuat Anda berpikir bahwa Anda tidak mampu sehingga Anda enggan melakukan hal lain.

Kehilangan tujuan

Kita bekerja untuk suatu alasan, tidak hanya demi alasan materi namun juga alasan lain seperti penghargaan dari orang lain dan aktualisasi diri. Ketika Anda memiliki tujuan, Anda akan berusaha keras untuk meraihnya. Lain halnya jika Anda sendiri tidak memahami apa tujuan Anda. Anda tidak tahu harus melangkah kemana dan akhirnya bingung. 

Rasa bingung ini yang menyebabkan Anda tidak mengetahui langkah apa yang seharusnya diambil sehingga Anda hanya akan melakukan hal yang sudah jelas menjadi rutinitas. Anda tidak memiliki inisiatif untuk mencoba hal baru karena memang Anda tidak mengerti apa yang Anda inginkan. 

Meskipun titik jenuh ini wajar dialami, namun tidak sedikit orang yang mampu bangkit dari rasa jenuhnya. Apapun alasan Anda, tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi dengan atasan Anda. Atasan Anda tentu memiliki alasan. Namun jika Anda telah mencobanya, namun tidak kunjung ada perubahan, ada baiknya Anda merenungkan arti kehadiran Anda. Produktifkah Anda dan puaskah Anda dengan apa yang Anda lakukan ? Tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan lingkungan baru yang mungkin bisa memberikan perubahan positif bagi Anda. 

0 komentar:

Post a Comment