Home » » 6 Ciri Anda Sedang Jenuh Bekerja

6 Ciri Anda Sedang Jenuh Bekerja

Pada postingan sebelumnya saya telah membahas 4 akibat jenuh dalam bekerja. Malam ini saya akan berbagi ilmu mengenai apa yang dimaksud kejenuhan dalam bekerja.


Jenuh dalam bekerja seringkali tidak disadari oleh kita. Namun dengan mengetahui ciri cirinya, kita dapat mengatasi akibat dari kejenuhan dan keluar dari rasa jenuh itu sendiri.

Apa sih tanda tandanya kita jenuh ?


1. Berpikiran “Yah, udah mulai Senin lagi ya”

Hal ini menandakan bahwa liburan Anda kurang, eh maksud saya, dalam hati kecil Anda mengatakan bahwa Anda tidak siap untuk kembali menghadapi rutinitas bekerja dan ingin kembali libur. Kalau saja Anda tidak memikirkan pundi pundi uang yang harus dikumpulkan, mungkin Anda memilih untuk tidur sepuasnya.

2. Berangkat Kerja Terlambat

Sadar dengan pundi pundi uang yang harus terkumpul, Anda pun bangkit dari tempat tidur Anda dengan malas. Anda pun mandi, berdandan, atau sarapan yang semuanya dilakukan dengan “slow motion” seolah berharap jam kerja Anda akan tiba 5 jam lagi. Yah, hal ini juga menandakan bahwa Anda enggan menghadapi rutinitas kerja.

3. Aura Wajah yang Muram

Karena malas untuk bekerja dan hanya bekerja karena terpaksa, maka aura wajah Anda tidak dapat berbohong. Aura wajah Anda akan berbicara secara tidak langsung kepada setiap orang bahwa Anda sedang jenuh. Aura wajah Anda akan terlihat muram dan membuat semangat kerja Anda semakin menurun.

4. Seringkali Ditegur Atasan

Hal ini dikarenakan kejenuhan Anda mengakibatkan kinerja Anda menurun. Jika sebelum Anda jenuh, Anda selalu merasa semangat untuk melakukan sesuatu dengan baik, maka ketika Anda jenuh Anda hanya ingin bekerja sehingga Anda dapat pulang ke rumah Anda. Parahnya, teguran dari atasan Anda dapat membuat Anda semakin jenuh jika emosi Anda tidak bisa dikelola dengan baik.

5.  Menghitung Waktu Kepulangan

Anda memperhatikan jam tangan Anda dengan intens untuk memastikan bahwa jam kerja Anda akan segera berakhir. Hal ini membuat Anda tidak fokus pada pekerjaan Anda karena selalu terburu buru untuk pulang ke rumah.

6. Banyak Pekerjaan Tapi Bingung

Sebenarnya Anda memiliki banyak pekerjaan yang tertunda, namun karena pikiran Anda hanya terfokus pada jam pulang maka Anda merasa bingung pekerjaan mana yang harus segera diselesaikan dan mana yang tidak. Seringkali Anda membuka folder yang salah di komputer Anda ataupun berkas yang salah di ordner Anda.

gambar jenuh bekerja
Jenuh Bekerja?

Yah, itulah 6 ciri atau tanda yang seringkali dijumpai ketika kita merasa jenuh dalam bekerja. Jika sudah jenuh, semangat bekerja pun memudar. Kalau semangat kerja memudar maka kinerja Anda berpotensi untuk menurun. Dan jika kinerja Anda menurun, maka Anda secara tidak langsung memberikan kesempatan pada orang lain untuk menggantikan posisi Anda.


Well, jangan sampai kejadian ya teman – teman. Oleh karena itu, untuk mencegah kemungkinan tersebut di atas maka kenali gejala gejala jenuh dan segera carilah cara untuk mengatasinya.

1 komentar: