Home » » #CuriStart, Jadikan Dirimu Rebutan Banyak Perusahaan

#CuriStart, Jadikan Dirimu Rebutan Banyak Perusahaan

Kali ini saya akan sharing pengalaman saya hari ini saat menghadiri sebuah peluncuran buku berjudul #CuriStart yang ditulis oleh Soegeanto Tan di Gramedia Central Park. Karena saya memang menyukai buku dan menulis, maka saya aktif mengikuti event terkait keduanya. Namun disamping saya menyukai buku, alasan saya mendatangi acara ini adalah karena saya tertarik dengan bukunya setelah mendapatkan infonya dari salah satu komunitas menulis yang saya ikuti.

Kenapa buku ini menarik perhatian saya ?



Sebagai praktisi HR, saya merasakan pahitnya menemui ratusan orang yang akhirnya tidak saya terima karena tidak cukup kompeten untuk dipekerjakan. Fakta yang sangat miris, dalam satu kuartal saya bisa menginterview 470 kandidat dan jumlah kandidat yang direkrut hanyalah 16 orang. Fakta yang sangat memprihatinkan, dan rupanya Pak Soegeanto juga berpikir yang sama dengan saya. Beliau menyampaikan bahwa ia ingin menyiapkan generasi muda Indonesia dalam menghadapi bonus demografi pada tahun 2030 agar peristiwa ini dapat membawa efek positif bagi Indonesia.

Saya pribadi sangat merekomendasikan kepada para pembaca untuk membeli buku ini dan menerapkan isinya. Bukan tanpa alasan, tanpa harus berpikir ke skala yang lebih besar, pernahkah Anda berpikir cukup pantaskah Anda untuk dipekerjakan ? Sudah sejauh mana Anda mengenali diri Anda dan menjadikan diri Anda lebih kompeten ? Jika belum, maka bagaimana Anda mempersiapkan diri menuju masa depan yang Anda idamkan.

Buku ini mengajak kita untuk memperbaiki diri dan memantaskan diri dalam dunia kerja. Kedua hal inilah yang seringkali dilupakan sehingga terjadilah fenomena dimana pencari kerja tinggi dan perusahaan sibuk mencari tenaga kerja yang kompeten.

Salah satu hal yang disinggung dalam buku ini adalah passion saja tidak cukup ! Dan passion Anda belum tentu menjadi karir Anda.

Nah, yang sudah memiliki passion pun belum tentu memiliki karir cemerlang, bagaimana dengan yang masih meraba passionnya ?

Baik Pak Soegeanto dan saya pribadi mengajak teman teman untuk kembali merenung, siapa diri Anda sebenarnya. Setelah mengenal diri Anda, tentukan apa yang ingin Anda capai dengan begitu Anda akan mulai memahami langkah apa yang harus Anda tempuh. Jangan pernah sepelekan hal ini karena kita tidak memiliki mesin waktu yang membuat kita mampu kembali ke masa lalu.

Galilah apa yang Anda sukai, jadikan Anda kompeten di bidang itu dan pastikan apa yang Anda sukai adalah hal yang dibutuhkan. Karena passion dan kompeten namun tidak dibutuhkan hanya akan menjadi sekedar hobi. Karena passion dan dibutuhkan namun tidak didukung kompetensi akan menjadikan Anda seorang yang standar. Dan karena kompeten dan dibutuhkan namun tidak disertai passion hanya akan membuat Anda stuck.

Silahkan perhatikan sekeliling Anda, dimana dunia kerja mulai didominasi oleh tenaga kerja asing dan mungkin orang orang yang sibuk meningkatkan kompetensinya. Silahkan saja Anda pilih, mau jadi rebutan perusahaan dengan sibuk mempersiapkan diri atau diabaikan perusahaan karena orang lain yang lebih siap dari Anda ?

Karena ini adalah hidup Anda, maka Anda bebas menentukan pilihan hidup Anda. Namun satu yang perlu diingat, waktu tidak dapat diputar.


0 komentar:

Post a Comment