Home » » 3 Alasan Mengapa Anda Harus Merubah Kebiasaan Buruk

3 Alasan Mengapa Anda Harus Merubah Kebiasaan Buruk

3 Alasan Mengapa Anda Harus Merubah Kebiasaan Buruk - Kebiasaan adalah suatu tindakan yang kita lakukan dalam jangka waktu yang panjang. Karena dilakukan dalam jangka waktu panjang, maka kebiasaan akan membentuk bagaimana attitude kita dimana pada artikel sebelumnya telah dibahas bahwa attitude merupakan faktor penting dalam kesuksesan.
Dan karena telah dilakukan dalam jangka waktu panjang, suatu kebiasaan buruk pun akan sulit ditinggalkan. Jika kebiasaan itu merupakan kebiasaan baik, tentu bukanlah suatu masalah karena akan mendekatkan kita pada kesuksesan. Masalahnya, setiap dari diri kita tentu memiliki kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari mempengaruhi kesuksesan kita.

3 Alasan Mengapa Anda Harus Merubah Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk akan membawa kita pada rasa malas, yang berujung pada hilangnya semangat dalam meraih sesuatu. Lain halnya dengan kebiasaan baik yang cukup menguras otak maupun tenaga namun membangkitkan gairah kita.

Padahal semangat adalah suatu hal yang penting dalam mencapai kesuksesan. Jika dianalogikan, semangat adalah bahan bakar. Tanpa semangat atau bahan bakar, maka langkah kita akan melambat atau justru terhenti dalam perjalanan meraih kesuksesan.

Inilah alasan mengapa kebiasaan buruk Anda perlu dirubah :

1. Kesuksesan butuh Pengorbanan


3 Alasan Mengapa Anda Harus Merubah Kebiasaan Buruk


Layaknya sebuah perjalanan, Anda harus mengeluarkan biaya dalam menempuh perjalanan sebelum akhirnya Anda tiba di tujuan. Besar atau kecil, dapat dipastikan bahwa suatu perjalanan membutuhkan pengorbanan baik materi ataupun non materi.

Begitu juga dengan Anda, salah satu pengorbanan yang dapat Anda lakukan adalah mengubah kebiasaan buruk Anda. Upayakan agar kebiasaan Anda tidak membiarkan kinerja otak Anda menurun ataupun tidak menjauhkan Anda dari orang terdekat.

Contoh, Anda dapat mengurangi kebiasaan berselancar di media sosial dengan bercengkrama secara langsung dengan orang terdekat Anda. Meski media sosial mendekatkan kita pada orang yang jauh dari posisi kita, namun karena saking asyiknya media sosial juga menjauhkan kita dari orang terdekat kita.

Pada awalnya, mengubah kebiasaan buruk tentu tidaklah mudah, namun jika dilakukan dengan tekad kuat maka kesulitan itu menjadi tiada artinya. Seperti contoh di atas, pada awalnya kita akan merasa penasaran dengan membuka notifikasi dari media sosial Anda. Namun semakin diabaikan, Anda akan menyadari bahwa Anda memiliki waktu berkumpul yang lebih berkualitas dengan orang terdekat Anda.

2. Kebiasaan Anda adalah Sugesti


3 Alasan Mengapa Anda Harus Merubah Kebiasaan Buruk


Bandingkan dua kebiasaan berikut :

Seorang anak yang sejak kecil dibiasakan untuk membaca maka kebutuhan utamanya adalah bahan bacaan yang secara tidak langsung akan membuka wawasannya. Sehari saja ia tidak membaca buku, akan ada sesuatu yang terasa salah baginya. Dan akhirnya, ia akan selalu berusaha untuk mencari bahan bacaan hingga tanpa disadari kompetensi dirinya juga ikut meningkat.

Lain hal nya dengan seorang anak yang sejak kecil dibiarkan untuk bermain sepanjang hari. Kemungkinan besar ia akan terbiasa untuk hidup santai tanpa memikirkan bahwa ke depannya akan ada banyak tuntutan di hidupnya.

Inilah mengapa kebiasaan Anda akan mensugestikan pada alam bawah sadar apa yang harus dan tidak harus dilakukan untuk membuat Anda merasa nyaman. Jika Anda selalu membiarkan diri Anda dalam keadaan nyaman maka Anda hanya akan mengkondisikan diri Anda pada zona nyaman yang membuat Anda tidak dapat bersaing dalam dunia yang penuh tuntutan. Sebaliknya, jika Anda selalu melatih otak Anda atau tubuh Anda untuk bergerak, maka fisik dan otak Anda akan lebih terlatih dan lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan.

Oleh karena itu, untuk mencapai hari yang baik Anda dapat menanamkan dalam diri Anda setiap harinya bahwa hari Anda akan baik baik saja sehingga hal tersebut akan tercapai. Beda halnya jika pada saat Anda terbangun, Anda diliputi kecemasan sehingga bisa saja kecemasan Anda akan terwujud.

3. Kebiasaan Baru akan Mengantar Anda pada Hal Baru


3 Alasan Mengapa Anda Harus Merubah Kebiasaan Buruk

Jika Anda selalu berkutat dengan kebiasaan Anda, Anda hanya mengerti apa yang Anda sering lalui. Ketika Anda mengubah kebiasaan Anda, Anda akan menjumpai banyak hal yang tidak pernah Anda bayangkan. Pengetahuan Anda akan bertambah, wawasan Anda semakin meluas.

Misalkan, Anda terbiasa berangkat kerja dengan jasa ojek, yang Anda ketahui setiap harinya adalah Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk berjalan dan hanya perlu duduk manis di jok motor tanpa memikirkan suatu hal apapun. Yang Anda lihat adalah bagaimana lalu lalang masyarakat.

Ketika sekali Anda mengubah kebiasaan, misalkan berangkat kerja dengan menggunakan transportasi umum, maka Anda mengetahui hal baru seperti perkiraan jarak tempuh selain Anda juga melihat bagaimana ekspresi orang lain dalam angkutan umum. Anda akan melihat raut wajah orang lain selain Anda ketika bersiap menuju tempat mencari nafkah. Ada raut wajah yang sedih sehingga membuat Anda ikut sedih, ada juga raut wajah yang ceria yang membuat Anda semangat.

Demikian juga jika Anda merubah kebiasaan buruk Anda, Anda akan mengetahui banyak hal baru yang menyenangkan juga menyakitkan namun semakin mendekatkan Anda pada kesuksesan. Inilah 3 Alasan Mengapa Anda Harus Merubah Kebiasaan Buruk.

1 komentar: