Home » » Beberapa Hal yang Kerap Diabaikan dalam Perusahaan

Beberapa Hal yang Kerap Diabaikan dalam Perusahaan

Sebagian dari Anda tentunya telah memiliki pengalaman bekerja di perusahaan, baik perusahaan berkembang maupun perusahaan maju. Untuk perusahaan maju, struktur kerja sudah tidak perlu dipertanyakan kembali karena sebagian besar dari mereka telah memiliki sertifikat ISO.

Lain halnya dengan perusahaan berkembang, ia memiliki struktur kerja yang belum tertata rapi sehingga seringkali membuat para karyawan merasa pusing dengan tugasnya yang dapat berujung pada stress kerja dan turnover.



Kesalahan besar yang sering dilakukan perusahaan berkembang adalah lebih fokus terhadap nilai penjualan dan mengabaikan struktur kerja dan administrasinya. Beberapa hal selain penjualan yang perlu diperhatikan antara lain ;

Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah salah satu fondasi dalam kegiatan bekerja yang berfungsi untuk menunjukkan hierarki pertanggungjawaban tugas antara satu posisi dengan posisi lainnya. Struktur organisasi menunjukkan posisi seorang karyawan dalam suatu organisasi dan kepada siapa karyawan harus memberikan laporan kerjanya.

Tanpa adanya struktur organisasi, maka karyawan akan merasa bingung kepada siapa ia harus bertanggungjawab. Jika diteruskan, maka akan timbul perasaan "ini bukan tanggung jawab saya" atau "Anda harus menurut kepada saya" yang memicu adanya konflik kerja karena benturan kepentingan individu.

Uraian Pekerjaan (Job Description)

Uraian pekerjaan berperan untuk menjelaskan detail pekerjaan seorang karyawan beserta batasannya dan kewenangan yang dapat ia lakukan. Semakin detail uraian pekerjaan dibuat, maka akan semakin memperjelas pekerjaannya seperti laporan apa yang harus dibuat dan target dari pekerjaan tersebut.

Tanpa adanya uraian pekerjaan, akan terjadi ketidakpastian tugas yang dilakukan karyawan. Ia dapat mengerjakan pekerjaan apapun selagi diperintahkan atasan meskipun bertentangan dengan posisinya. Pada akhirnya pekerjaan yang ia terima menjadi tidak terstruktur dan mengakibatkan tekanan psikologis.

Prosedur 

Prosedur juga memiliki peranan yang penting dalam menunjukkan tahapan yang harus dilakukan dalam melakukan suatu kegiatan. Dengan adanya prosedur, tidak peduli siapa yang melakukannya dan kapan dilakukannya, maka suatu kegiatan akan dilakukan dengan sama karena telah adanya pedoman berupa prosedur. 

Tahapan kegiatan yang tidak dibakukan melalui prosedur, dan  hanya berdasarkan lisan berpotensi menimbulkan kerancuan di kemudian hari. Hal ini dikarenakan sesuatu yang tidak dikemukakan secara tertulis dapat dilupakan dan berubah sewaktu waktu. Tanpa adanya prosedur, suatu kegiatan akan berlangsung berbeda beda tergantung siapa pelakunya dan waktu pelaksanaannya. 

Peraturan Perusahaan

Hal ini seringkali diabaikan oleh perusahaan meskipun peraturan perusahaan wajib dimiliki oleh setiap perusahaan. Dengan adanya peraturan perusahaan, perusahaan telah membuktikan bahwa ia telah menjalankan kegiatan usaha berdasarkan Undang Undang Ketenagakerjaan sehingga setiap karyawan dapat mengerti peraturan yang diterapkan di perusahaan tersebut. Jika suatu saat karyawan ada suatu pertanyaan mengenai perusahaan, atau suatu keluhan, karyawan dapat mendiskusikannya kepada perusahaan berdasarkan Peraturan Perusahaan. 

Tanpa peraturan perusahaan, karyawan tidak dapat mengetahui dengan pasti peraturan apa yang diterapkan dan perusahaan dapat bertindak sewenang wenang tanpa berpedoman pada Undang Undang Ketenagakerjaan sehingga menimbulkan ketidakadilan dalam bekerja. 

 

0 komentar:

Post a Comment