Home » » Kenali Peraturan Ini Pada Saat Mulai Bekerja

Kenali Peraturan Ini Pada Saat Mulai Bekerja

Umumnya, pada hari pertama kita bekerja akan diberikan orientasi kerja oleh Staff HRD. Pada kesempatan ini Staff HRD akan menyampaikan berbagai informasi awal mengenai perusahaan dan juga memberikan kesempatan pada Anda untuk menanyakan berbagai hal agar lebih mengenal perusahaan.



Meskipun Anda tergolong baru, sebaiknya Anda membuang jauh perasaan sungkan dibanding Anda menyimpan pertanyaan sendiri dan pada akhirnya akan menimbulkan prasangka. Disamping sejarah perusahaan dan ruang lingkup usaha yang umumnya telah dijelaskan, berikut beberapa hal yang wajib Anda pahami ;

Peraturan Kehadiran

Tanyakan pada Staff HRD seputar jam kerja dan bagaimana proses yang harus dilakukan jika Anda berhalangan hadir atau berkeinginan untuk pulang cepat. Disamping itu tanyakan, apakah ketidakhadiran Anda akan berpengaruh pada penghasilan yang akan diterima setiap bulannya. Dan jangan lupa tanyakan, apakah ketidakhadiran Anda mempengaruhi penilaian kinerja Anda dan bagaimana sanksi jika Anda tidak hadir tanpa keterangan.

Peraturan Cuti dan Izin

Hal lain yang perlu Anda tanyakan adalah peraturan cuti dan izin. Tanyakan kapan Anda berhak memperoleh cuti dan bagaimana cara mengetahui hak cuti kita. Disamping cuti, tanyakan bagaimana kondisi yang memperbolehkan karyawan untuk tidak hadir bekerja dengan tetap menerima gaji. Tanyakan apakah pengambilan cuti dan izin diberikan batasan dalam 1 bulan dan bagaimana proses mengajukan cuti atau izin.

Peraturan Penggajian

Dikarenakan gaji adalah sesuatu yang cukup penting bagi Anda, maka tidak ada salahnya jika Anda menanyakan peraturan dalam penggajian. Tanyakan kapan Anda akan menerima gaji, apa saja komponen gaji yang Anda terima, bagaimana perhitungan gaji untuk bulan pertama Anda bekerja dan rekening apa yang diperlukan dalam proses penggajian. 

Peraturan Pengangkatan Karyawan Tetap

Status adalah hal yang bisa menjadi ganjalan bagi sebagian orang, tidak peduli betapa besar penghasilan yang ia terima. Oleh karena itu, tanyakan bagaimana proses penilaian kinerja Anda hingga akhirnya Anda dinyatakan diangkat sebagai karyawan tetap. Yang paling penting, tanyakan status hubungan kerja Anda dan lamanya, apakah Anda tergolong karyawan percobaan atau karyawan kontrak. 

Peraturan Lembur

Tanyakan apa fasilitas yang akan Anda terima jika Anda bekerja melebihi jam kerja yang diberikan. Sebagian perusahaan akan memberikan uang lembur sesuai ketentuan Undang Undang dan sebagian lainnya hanya akan memberikan uang makan, bahkan tidak jarang ada perusahaan yang tidak memberikan fasilitas dalam lembur. Oleh karena itu, agar kinerja Anda tidak sia sia tanyakan dengan pasti bagaimana suatu pekerjaan dinyatakan sebagai lembur dan bagaimana proses pengajuannya. 

Peraturan Perjalanan Dinas

Untuk beberapa posisi mengharuskan karyawan untuk melakukan perjalanan dinas. Oleh karena itu, tanyakan apa saja fasilitas yang Anda terima selama menjalani perjalanan dinas tersebut serta bagaimana proses pengajuannya. 

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda ketahui sejak awal. Sebagian karyawan memutuskan untuk mengundurkan diri dikarenakan merasa tidak puas dalam proses bekerja, oleh karena itu tidak ada salahnya Anda menanyakan segala hal untuk mencegah timbulnya ketidakterbukaan antara perusahaan dan karyawan. Dan terakhir, jika memang ada hal yang mengganjal segera tanyakan kepada atasan Anda atau Staff HRD. Jangan biarkan pertanyaan Anda mengganjal perasaan Anda dan mengakibatkan timbulnya prasangka buruk. 

0 komentar:

Post a Comment