Home » , » Networking : Bukan Mencari Teman Biasa

Networking : Bukan Mencari Teman Biasa

Banyak yang mengatakan bahwa semakin dewasa, kita hanya akan memiliki sedikit teman. Teman yang tentunya mampu menerima diri kita apa adanya dan memiliki "irama" yang sama dengan kita. Sahabat selalu mendengarkan apa masalah Anda dan menjadi cheerleader saat Anda terpuruk. Sahabat tentu merupakan hal yang baik untuk dimiliki, sahabat dapat menjadi penopang mental kita yang selalu mengatakan bahwa kita tidak sendirian.

Setelah kita memasuki dunia kerja, memiliki sahabat tidaklah cukup untuk meningkatkan karir kita. Selain dengan memberikan kinerja terbaik, mengikuti training hard skill, atau hal lain yang berbau teknikal, memperluas jaringan pertemanan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan karir kita. Tentu saja tanpa harus memasuki dunia kerja, perluasan jaringan pertemanan sudah terjadi. Namun jaringan pertemanan yang dimaksud bukanlah teman yang selalu memberikan dukungan kepada kita atau teman yang menjadi pendengar baik. Jaringan pertemanan yang dimaksud adalah teman yang kelak dapat "memuluskan" karir kita atau Anda dapat menyebutnya professional network.



Networking yang baik tidak datang begitu saja. Professional network lebih dari sekedar rekan  kerja yang Anda temui setiap hari ketika bekerja atau rekan kerja yang Anda kenal saat bekerja di perusahaan sebelumnya. Lebih luas dari sekedar teman sekelas Anda ketika masih menempuh pendidikan.

Jika Anda menginginkan networking yang menunjang karir Anda, rajinlah bersosialisasi. Bukan sekedar rajin beraktifitas di media sosial. Sosialisasi ini dapat dilakukan dengan ;


  • Mengikuti komunitas sesuai profesi Anda
  • Mengikuti seminar / training 
  • Memanfaatkan akun Linkedin
  • Dst
Networking tidak terjalin dengan singkat. Sama seperti mempopulerkan akun facebook Anda, setidaknya beberapa aturan juga berlaku dalam aktifitas networking

Self Branding

Jika dalam facebook Anda memasang foto profil semenarik mungkin, dalam aktifitas networking Self Branding berarti menunjukkan sisi profesional dalam diri Anda. Entah dengan rajin mengikuti seminar, aktif dalam pemecahan kasus di komunitas Anda, sesekali berbagi tentang pekerjaan Anda (menyebarkan lowongan kerja, mempromosikan produk, dst) dan banyak aktifitas lainnya.

Sama halnya dengan facebook dimana foto profil dimaksudkan agar orang lain tertarik menjadi teman Anda, maka semakin baik Anda dalam melakukan self branding maka semakin menarik Anda di mata professional network.

Berkenalan

Mengandalkan self branding tidaklah cukup. Apalah arti foto profil yang menakjubkan jika Anda tidak menambahkan seseorang untuk menjadi teman Anda. Begitu pula dalam networking. Mulailah mencari teman dan bangun komunikasi yang berkesan. Ubahlah perkenalan singkat menjadi sebuah percakapan yang menarik. 

Karena itu, komunikasi via WhatsApp tidaklah cukup jika ingin aktifitas ini berjalan baik. Ada baiknya Anda rajin mengikuti aktifitas kopi darat dari komunitas Anda agar lebih mengenal member lain. Jika Anda sedang melakukan networking melalui acara seminar, akan lebih baik jika Anda meminta kartu nama atau kontak dari kenalan Anda tersebut dan tidak ada salahnya untuk mengucap "Hai" di lain kesempatan. 

Menjalin Komunikasi Rutin

Perkenalan tidak ada artinya jika kemudian hari Anda melupakannya atau justru Anda dilupakan. Meski terkesan networking merupakan sebuah alat, namun nyatanya aktifitas ini juga sama dengan aktifitas pertemanan pada umumnya. Jika Anda hanya datang sesekali mungkin Anda akan mudah dilupakan. Jika Anda hanya datang sesekali maka jaringan pertemanan yang dibangun membutuhkan waktu lama untuk menjadi lebih kuat. Dan hal yang sama juga berlaku bagi aktifitas networking

Lalu, apa yang diberikan aktifitas ini sehingga mampu "memuluskan" karir Anda ?

Berbagi Ilmu 

Dalam networking, setiap orang di dalamnya akan berbagi berbagai macam hal. Jika Anda mencari network sesuai profesi Anda sebagai penulis, tentu mereka akan membahas berbagai macam hal terkait kepenulisan. Anda tidak hanya mengetahui permasalahan yang terjadi di luar dan cara penyelesaiannya, Anda juga dapat menanyakan permasalahan yang sedang Anda alami dalam pekerjaan berikut cara penyelesaiannya. 

Misalkan, Anda sedang membutuhkan vendor yang bagus untuk membuat kaos, maka network Anda dapat memberikan informasi. Ketika Anda sedang bingung untuk perhitungan THR, maka network Anda dapat membantu. Atau mungkin tiba tiba Anda mendapatkan buku yang sudah lama Anda idam-idamkan sejak lama. Ada banyak hal yang dapat dilakukan professional network yang Anda miliki untuk membantu Anda dalam pekerjaan. 

Membantu Anda Memahami Pekerjaan Lebih Luas

Jika selama ini Anda hanya melihat pekerjaan Anda dari apa yang Anda lakukan setiap hari, maka aktifitas ini dapat membuka pikiran Anda bahwa pekerjaan yang saat ini Anda lakukan memiliki tantangan yang berbeda di masing masing tempat. Bisa jadi, ketika Anda menjadi seorang finance di perusahaan Anda saat ini Anda hanya mengetahui bagaimana transaksi di bidang usaha dari perusahaan Anda. Namun ketika Anda melakukan networking Anda akan mengetahui berbagai transaksi di bidang usaha di luar dari yang perusahaan Anda jalankan saat ini. 

Networking juga memacu Anda untuk terus belajar karena nyatanya, apa yang saat ini Anda kerjakan tidaklah cukup untuk membuat Anda memahami pekerjaan Anda secara keseluruhan. Dan kabar baiknya adalah, networking menyediakan para professional network yang memiliki keinginan besar untuk terus berbagi.

Membantu Menemukan Karir Lebih Baik

Di samping membantu Anda dalam pekerjaan saat ini, aktifitas networking juga memberikan jalan ketika Anda sedang ingin mencari pekerjaan baru. Selain rutin berbagi informasi lowongan pekerjaan, jika self branding Anda cukup baik jangan heran jika salah satu network Anda menawarkan Anda untuk menjadi bagian dari timnya.

Apa yang saya sebutkan di atas mungkin hanyalah sedikit dari apa yang bisa diberikan melalui aktifitas networking. Namun satu hal yang pasti adalah aktifitas networking adalah aktifitas yang memberikan dampak positif bagi karir Anda. Anda tidak hanya sedang mencari teman untuk mengatakan bahwa "Anda sudah cukup baik". Aktifitas networking membantu Anda untuk menemukan network atau teman untuk terus mengatakan bahwa "yang Anda lakukan belum cukup, dan mari belajar bersama". 

2 komentar: